-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Disdukcapil Inhil Terima Kunjungan Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat

    Mar 8, 2023, March 08, 2023 WIB Last Updated 2023-03-08T06:57:05Z

    BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jebung Barat (Tanjab) Provinsi Jambi, di Kantor Disdukpencapil Inhil Jalan Swarna Bumi Tembilahan, Senin (6/3/23).


    Adapun maksud dari kunjungan rombongan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tanjab ini untuk melakukan konsultasi dan koordinasi tentang pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan yang membutuhkan biaya perjalanannya besar. Dan juga mempelajari trobosan "NASI UDUK INHIL" (Sederhana Sekaligus Urus Administrasi Kependudukan). Dan PESTA PADI (Perubahan Status Tanpa Diurus).

    Wakil ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tanjab Subari, S.Ag mengungkapkan, bahwa pihaknya tertarik untuk berkunjung ke Disdukpencapil Inhil karena ingin melihat dan mempelajari sistem NASI UDUK yang memudahkan masyarakat untuk mengurus adminduk.


    "Alhamdulillah disambut dengan baik. Dengan data-data yang kami terima makanya cukup bagus di sini karena ada namanya sistem "NASI UDUK" itulah yang perlu kita contoh di daerah kami, dengan adanya sistem NASI UDUK ini nampaknya masyarakat yang jauh daerah-daerah terpencil dapat mudah untuk membuat data pribadi ataupun kependudukan sehingganya masyarakat semua punya identitas yang bagus yang lengkap," katanya saat diwawancarai wartawan.

    Kendati demikian, dirinya menyadari bahwa daerah Tanjab dan Inhil sama-sama memiliki wilayah yang luas dan masyarakatnya jauh dari kota, maka perlunya peran pemerintah untuk melakukan inovasi untuk memudahkan masyarakat agar gampang memiliki atau mengurus administrasi kependudukan.


    "Memang saya tau luas wilayahnya pun jauh luas daerah sini namun untuk daerahnya, nampaknya satu hamparan namanya, kalau masalah daerahnya mungkin kurang lebih karena daerah kita daerah rawa daerah Parit dan mungkin jauh dari kota makanya perlu kita sebagai dukcapil jemput bola supaya masyarakat yang jauh itu bisa mendapatkan identitas," tuturnya.

    Sementara itu, Kabid Disdukpencapil Kabupaten Tanjab Yanti menerangkan, bahwa apa yang telah pihaknya dapat usai melakukan konsultasi dan koordinasi ini akan diterapkan didaerahnya.


    "Alhamdulillah kami dari dinas dukcapil Tanjung Jabung Barat bisa berkunjung kemari untuk berbagi informasi dan belajar di sini apa yang perlu kami pelajari apa yang kami harus bawa untuk kemajuan Dukcapil kami di Tanjung Jabung Barat," jelasnya.


    "Apa yang menjadi kemajuan kami akan kami terapkan di sana, terutama program-program yang sudah dilaksanakan di sini bisa kami terapkan di tempat kami," tambahnya.


    Yanti berharap semoga apa yang telah dipelajarinya di Disdukpencapil Inhil dapat diterapkan dan mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Tanjab agar bisa mengikuti jejak Disdukpencap Inhil yang telah menerapkan sistem NASI UDUK yang memudahkan masyarakat.


    "Alhamdulillah kalau di sini pelayanan online ini sudah berjalan dengan baik, mungkin itu bisa kami tiru dan kami terapkan di Tanjung Jabung Barat, di sini ada aplikasi dan kami akan mencoba menerapkan di Kabupaten kami mudah-mudahan mendapat dukungan dari pemerintah daerah untuk anggaran ataupun support-nya untuk melaksanakan program ini," ungkapnya.


    Disisi lain, Kepala Disdukpencapil Inhil Mizuar Ependi melalui Kabid Pemanfaatan data dan Inovasi Pelayanan Disdukpencapil Inhil, Hj. Salawati mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tanjab ke Disdukpencapil Inhil.


    Dirinya berharap, semoga ke depannya silaturahmi ini terus terjalin dan hasil koordinasi dan konsultasi yang dilakukan dapat diterapkan juga di Disdukpencapil Kabupaten Tanjab.


    "Mudah-mudahan semua yang telah kita paparkan tadi bisa di terapkan dan diaplikasikan oleh pemerintah Kabupaten Tanjab," pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini