-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Sekretaris Dinkes Inhil Harap Sisrute Dapat Diimplementasikan di Puskesmas Masing-masing

    Jul 8, 2024, July 08, 2024 WIB Last Updated 2024-07-08T13:02:10Z
    Foto bersama usai membuka pertemuan koordinasi Sisrute Puskesmas se-Kabupaten Inhil, Sumber foto; BERITAINHIL.com/Yusuf. 

    BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN ; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Kadinkes Inhil) Rahmi Indrasuri melalui Sekretaris Dinkes Inhil Hj Indrawati secara resmi membuka pertemuan Koordinasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) Puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2024, di hotel Jalan Abdul Manaf Tembilahan, Senin (8/7/24).


    Hj Indrawati memaparkan, bahwa Sisrute resmi dilaksanakan secara nasional sesuai dengan surat edaran Ditjen Yankes No. IR.01.04/1/4345/2016 tanggal 20 Des 2016 tentang Implementasi Sisrute (Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, 2017). Salah satu indikator Renstra Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan pada tahun 2020 yaitu jumlah provinsi yang menerapkan Sistem Rujukan Terintegrasi (Sisrute) (Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI, 2021).


    "Pelaksanaan sistem rujukan di Indonesia telah diatur dalam Pedoman tentang sistim rujukan berdasarakan Permenkes RI No. 001 thn 2012 tentang Sistem Rujukan pelayanan kesehatan perorangan. Secara umum di Indonesia belum semua fasilitas Kesehatan menggunakan Sisrute," sebutnya.


    Dia menjelaskan, prinsip utama aplikasi Sisrute adalah komunikasi dan informasi awal pasien sebelum dirujuk dengan tujuan untuk mengetahui data kondisi pasien yang akan dirujuk dan data kelengkapan sarana prasarana dan petugas yang menangani (misalnya ruang perawatan, tenaga medis, sarana dan pra sarana, alat kesehatan) serta informasi balasan respon dari RS di rujuk tentang kesiapan untuk menerima pasien yang dirujuk.


    Kendati begitu, dirinya berharap semoga  Sisrute ini dapat dipelajari dan difahami sehingga segera bisa diaplikasikan di Puskesmas masing-masing.


    "Dengan adanya kegiatan ini saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat belajar dan dapat menggunakan aplikasi SISRUTE yang selanjutnya dapat diimplementasikan di Puskesmas masing-masing," pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini