-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Siswa-siswi SD Negeri 003 dan 001 Tembilahan Antusias Ikuti Perekaman KIA

    Oct 21, 2023, October 21, 2023 WIB Last Updated 2023-10-21T01:54:50Z
    Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Disdukcapil Kabupaten Inhil, Aldi Kusnandar bersama Kepsek dan siswa siswi SD Negeri 001 Tembilahan saat perekaman KIA.

    BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN  ; "Horee akhirnya kami punya KIA (Kartu Identitas Anak),". Ucapan inilah yang disorakkan oleh siswa siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 003 dan 001 Tembilahan usai melakukan perekaman KIA secara langsung, yang difasilitasi oleh tim jemput bola Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dihalaman sekolah mereka, Jum'at (20/10/23).


    Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 003 Tembilahan, Sasra Petni, S.Pd. SD mengapresiasi dan juga mengucapkan terimakasih kepada Dukcapil Inhil yang telah melakukan jemput bola perekaman KIA kepada murid-muridnya. 

    "Kita sangat berterimakasih sekali kepada pihak Capil karena sudah melakukan jemput bola ke tempat kami, tentunya ini sangat memudahkan kami dalam mengurus KIA untuk anak-anak," katanya saat diwawancarai wartawan BERITAINHIL.com.

    Kepsek SD Negeri 003 Tembilahan itu mengungkapkan, bahwa selain daripada pengurusan KIA Dukcapil Inhil juga melayani pengaktifan Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang diikuti oleh 20 guru termasuk penjaga sekolah.


    "Tadi ada sekitar 20 guru dan penjaga sekolah yang sudah mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital melalui layanan jemput bola Dukcapil Inhil," sebutnya.

    Sementara itu, Kepsek SD Negeri 001 Tembilahan Taslim mengungkapkan, ini merupakan pengalaman perdana yang dilakukan oleh pihak sekolah dan Dukcapil Inhil yang tentunya sangat merasa terbantu dengan adanya pelayanan jemput bola ini.


    Dia juga menjelaskan, dari SDN 001 yang melakukan perekaman KIA lebih kurang 160 siswa-siswi yang menurutnya diluar dugaan.


    "Terkait layanan kependudukan yang dilakukan Dukcapil melampaui ekspektasi kami dan sungguh luar biasa, dalam waktu cuma dua hari dari Perjanjian kerjasama, langsung ditindaklanjuti dan turun ke sekolah. Apalagi kegiatan ini merupakan perdana dilakukan dukcapil di SDN 001," tuturnya.

    Dia berharap semoga kerjasama ini bisa berlanjut dengan program-program kependudukan lainnya, tidak hanya sebatas pembuatan KIA. "Karena juga tidak jarang di sekolah-sekolah masih ada anak-anak kita yang belum memiliki Akta kelahiran dan ada perubahan-perubahan data kependudukan lainnya yang berkorelasi dengan perubahan dan perbaikan ijazah,  dan sebagainya," ujar Taslim.


    Selain itu, Kepala Disdukpencapil Kabupaten Inhil Mizuar Efendi melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi (PDIP) Kabupaten Inhil, Aldi Kusnandar mengungkapkan, bahwa proses perekaman KIA berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.


    "Alhamdulillah kemarin kita perekaman KIA di SD Negeri 001 Tembilahan berjalan lancar, dengan jumlah yang sudah di cetak sebanyak 160 kartu," ujarnya.


    Sedangkan untuk SD Negeri 003 Tembilahan, kata Aldi, tadi pagi hingga sore juga telah melakukan perekaman dengan jumlah kurang lebih 98 orang siswa/siswi. 


    Dia menambahkan, bahwa kendala yang dialami di SD Negeri 003 Tembilahan ini masih ada Kartu Keluarga (KK) wali murid yang belum pindah alamat di Kabupaten Inhil.


    "Untuk kendala ini, tadi saya sudah sampaikan kepada Kepsek untuk mengumpulkan dokumennya agar di bawa nanti ke kantor Dukcapil Inhil agar ditindaklanjuti, supaya anak-anak yang belum memiliki KIA bisa segera diselesaikan," ungkapnya.


    Terakhir, Kabid PDIP Disdukpencapil Kabupaten Inhil itu menjelaskan, bahwa selanjutnya Dukcapil Inhil akan melakukan perekaman KIA di SD Negeri 032 Tembilahan.


    "In Sya Allah kedepannya kita akan melakukan perekaman KIA di SD Negeri 032 Tembilahan, mudah-mudahan semua berjalan lancar sesuai yang kita rencanakan,' imbuhnya.

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini