-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Kenapa Dianjurkan Buka Puasa dengan 3 Buah Kurma? Begini Kata Ahli

    Apr 11, 2023, April 11, 2023 WIB Last Updated 2023-04-11T12:11:10Z
    Manfaat mengkonsumsi 3 buah kurma untuk berbuka puasa. (Foto: Getty Images/iStockphoto/hayatikayhan).

    BERITAINHIL.com - Jakarta ; Salah satu menu yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah kurma. Selain rasanya manis dan ukurannya yang kecil, buah kurma sangat baik untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa seharian.


    Adapun Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk mengonsumsi tiga buah kurma saat buka puasa. Lantas, apa alasannya?


    Menurut pakar kesehatan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, elektrolit, mineral, dan kalori yang baik untuk tubuh.


    "Kurma ini mengandung karbohidrat yang kompleks. Dia ada serat, ada mineral sehingga cukup ideal sesuai dengan anjuran nabi untuk berbuka puasa dengan mengkonsumsi kurma," jelas Prof Ari dalam webinar daring beberapa waktu lalu.


    "Sunnahnya demikian disebutkan untuk dikonsumsi dalam jumlah ganjil yaitu 1, 3, atau 5 buah," lanjutnya.


    Prof Ari mengungkapkan kurma juga mengandung air seperti buah lainnya. Ini sangat baik terutama untuk penderita kencing manis.


    "Kurma ini juga termasuk buah, jadi pasti ada komponen airnya walaupun kecil. Ini bisa menjadi pilihan utama, terutama pada orang yang mempunyai masalah dengan kencing manis dibandingkan dengan hal-hal yang manis lainnya, seperti yang terbuat dari gula," bebernya.


    Pada kesempatan berbeda, ahli gizi masyarakat dr Tan Shot Yen menyarankan untuk minum air putih dan asupan bergizi saat buka puasa. Ini bertujuan untuk menghidrasi tubuh.


    "Berbuka itu biasanya dimulai dengan istilah takjil. Takjil itu adalah makanan atau minuman kecil yang biasanya, pertama yang kita lakukan adalah melakukan rehidrasi," kata dr Tan pada Media Briefing secara virtual, Jumat (31/3/2023).


    "Nah, rehidrasi yang baik tentunya dalam hal ini adalah air minum. Maka, disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa yang paling baik tentu adalah air gitu ya. Jadi, air dan kurma," pungkasnya.


    Sumber ; detik.com

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini