-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Belum Mandi Junub sampai Azan Subuh, Apakah Boleh Puasa?

    Mar 27, 2023, March 27, 2023 WIB Last Updated 2023-03-27T07:26:14Z
    Foto: Ilustrasi Seks (Dok: Freepik).

    BERITAINHIL.com - Jakarta ; Berhubungan intim menjadi salah satu perkara yang membatalkan puasa. Karena itu, hubungan suami istri hanya boleh dilakukan saat malam hari selama bulan Ramadan.


    Lantas, bagaimana hukum jika setelah berhubungan intim belum sempat mandi junub alias mandi besar hingga masuk waktu subuh? Apakah seseorang bisa langsung berpuasa?


    Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya mengatakan bahwa jika ada pasangan suami istri belum sempat mandi besar atau junub hingga masuk waktu subuh, puasanya tetap sah. Sebab, hubungan suami-istri dilakukan sebelum puasa. Hanya mandi besarnya saja yang dilakukan setelah subuh.


    "Puasanya sah dan tidak mengurangi pahala sedikitpun," kata Buya dalam postingan Instagramnya @buyayahya_albahjah.


    Menurut Buya Yahya, ada satu hadits yang meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah dalam kondisi junub dan beliau tetap berpuasa seperti biasa.


    "Yang tidak boleh adalah dosa besar melakukan hubungan suami istri saat berpuasa."


    Lebih lanjut, Buya mengatakan bahwa hukum yang sama juga berlaku bagi wanita yang telah berhenti menstruasi namun belum sempat mandi wajib saat masuk waktu subuh. Ia bisa langsung berpuasa dan mandi wajib selepas subuh.


    Sumber : CNN Indonesia.

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini