-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Refleksi Sumpah Pemuda ke-94, Bersatu Membangun Bangsa

    Oct 29, 2022, October 29, 2022 WIB Last Updated 2022-10-29T01:50:02Z

    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Berbicara mengenai sumpah pemuda, tentu berbicara tentang komitmen lahir batin para pemuda pemudi Indonesia dalam tujuan luhur bersatu dalam ikrar Kebangsaan.Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat penting bagi persatuan bangsa Indonesia dalam perjuangan.Tidak hanya kala tahun 1928,namun sumpah ini akan terus relevan sepanjang zaman,sebagai relevansi kebulatan tekad. 


    Pengakuan kesatuan atas tanah air, bangsa, dan bahasa adalah wujud persatuan yang telah diikrarkan dalam sumpah pemuda. Dalam sumpah ini terkandung makna kesetaraan tanpa memandang agama, suku, dan ras. 


    Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. 


    Sebagai generasi muda kita mempunyai kewajiban untuk membuktikan dan meneruskan semangat para pemuda di masa lalu, salah satunya dengan prestasi yang baik serta membanggakan.


    Selain berprestasi kita juga bisa berperan dalam membangun bangsa misal dengan memberikan inovasi-inovasi untuk Indonesia yang lebih baik, apalagi mengingat dulu susahnya para pemuda untuk bersekolah, untuk berprestasi, untuk mengemukakan pendapat, dan segala kekurangan yang menyelimuti mereka.


     Namun nyatanya mereka berhasil membuat sesuatu yang sangat berarti bagi bangsa yaitu sumpah pemuda. Kita seharusnya malu bila dengan segala kemudahan yang kita miliki tidak bisa berbuat banyak bagi nusa dan bangsa Indonesia tercinta ini, apalagi apabila kita terjerumus kedalam hal hal yang menyimpang dan tidak mencerminkan sikap pemuda Indoneia. 


    Mari Gunakan sumpah pemuda sebagai pelecut semangat perubahan para pemuda untuk membangun,dengan masing ragam profesi kita saat ini. 


    Ayolah para pemuda saatnya berkarya saatnya bangkit saatnya mengabdi demi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan warisan yang telah diberikan pemuda pada masa lalu jadikan sebagai pedoman dalam mengabdi , keikhlasan dalam berjuang demi masa depan dan tujuan bangsa Indonesia yang lebih baik di tangan kita.


    Oleh : AHMAD EPENDI/Kepala Desa Sungai Intan - Sekjen APDESI Inhil


    Ahmad Ependi ( Tembilahan,28 Oktober 2022.


    Khasanah pengayaan tulisan berdasarkan beberapa referensi terkait.

    Komentar

    Tampilkan

    1 comment:

    1. Being under the Caesars Entertainment wing, the model presents a strong platform that comes with all of the necessities. Add some basic strategy, and with the proper bankroll administration, your probabilities of strolling away with your cash, plus some of the the} casino’s cash, are tremendously improved. We expect that additional outdoors influences — like increased investments and new markets for real-money gaming — will create even larger strain. The biggest influence on means forward for} the genre will nevertheless proceed to come back from IDFA depreciation. As we predicted last year, the influence of privacy changes didn’t trigger a sweeping change. Instead, the impact 파라오카지노 was gradual as the changes weren’t enforced off the gate.

      ReplyDelete

    Terkini