-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Hebat! Dua Putera INHIL Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Arab Saudi

    Mimin
    Aug 26, 2022, August 26, 2022 WIB Last Updated 2022-08-26T08:02:20Z


    Beritainhil.com : Tembilahan, Inhil - satu lagi kebanggaan yang patut di apresiasi kepada generasi muda Indragiri Hilir, dimana dua Putera asli INHIL asal Kelurahan Sungai Piring dan Parit 8 Tembilahan Hulu baru saja terbang Ke Arab Saudi untuk melanjutkan Studi S1 di Universitas Tabuk Kerajaan Arab Saudi jurusan Bahasa Arab. 


    Dua Putera INHIL ini adalah M. Subhan Arifuddin dan Muhammad Fiqri Ardiansyah yang sebelumnya bersekolah di MAN 1 Indragiri Hilir. Kedua nya baru saja tamat pada Tahun Pelajaran 2021-2022 ini. 


    Putera Asli INHIL

    M. Subhan Arifuddin dan Muhammad Fiqri Ardiansyah merupakan dua dari sekian banyak anak muda INHIL yang berhasil membuat nama Kabupaten Indragiri Hilir harum. Hal ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi kita semua, hal ini dikarenakan keduanya merupakan Putra INHIL pertama yang kuliah dan mendapatkan beasiswa dari Universitas Tabuk, Kerajaan Arab Saudi 


    M. Subhan Arifuddin asli kelurahan Sungai Piring ini sudah sejak lama menyukai Bahasa Arab. Dirinya selain aktif sebagai remaja mesjid Al Mujahidin Kelurahan Sungai Piring juga memiliki prestasi akademik dan organisasi yang baik, salah satunya adalah Ketua Klub Bahasa Arab MAN 1 Indragiri, Juara 2 Kompetisi Bahasa Arab Nasional tahun 2021 serta Juara 2 lomba karya Tulis Ilmiah tingkat Kabupaten Indragiri Hilir. 


    Begitu pula, Muhammad Fiqri Ardiansyah tinggal di Jalan Harapan, Parit 8 Kecamatan Tembilahan Hulu. Dirinya sangat aktif dalam berbagai organisasi Kemanusiaan dan Keagamaan seperti Indragiri Cinta Berbagi (ICB) , Pejuang Subuh Tembilahan, Majelis Dakwah Remaja, Laskar Pecinta Rasul, Majelis Miftahul Jannah, IRMAZ serta Klub Habsyi MAN 1 Indragiri Hilir. Dirinya juga memiliki prestasi seperti Juara 3 Festival Hadroh dan Sholawat 2022 dan Juara Kelas tentunya. 



    Orang tua bekerja sebagai petani dan kerja serabutan

    Melihat prestasi yang telah didapat oleh keduanya, siapa yang menyangka bahwa keduanya berasal dari keluarga yang sederhana. M. Subhan Arifuddin hanyalah anak petani kelapa Dan Muhammad Fiqri Ardiansyah ayahnya bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


    Namun walaupun demikian, kedua nya selalu mendapatkan dukungan moril dan materil yang sangat luar biasa dari kedua orang tuanya. Selain itu kedua nya sangat tekun dalam belajar sehingga hal  ini menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan keduanya.


    Istiqomah dalam belajar

    Belajar kepada orang-orang yang sukses, tentunya tak akan terpisahkan oleh kerja keras mereka dalam meraih mimpinya. Begitu pula M. Subhan Arifuddin dan Muhammad Fiqri Ardiansyah yang sejak kelas X telah istiqomah belajar bahasa arab kerumah salah satu guru nya. 


    Mereka menyadari bahwa belajar bahasa arab dikelas tidaklah cukup untuk mendapatkan beasiswa ke Timur Tengah. Karena saingan nya rata-rata berasal dari Alumni pondok pesantren yang sudah terbiasa berbahasa Arab dalam keseharian nya. 


    Selain belajar bahasa arab, keduanya juga aktif mengikuti berbagai majelis ilmu yang tersebar di berbagai lokasi di  Indragiri Hilir seperti kajian Fiqih, Akhlak Dan Tafsir Al-Qur’an. 

    Keduanya juga memiliki Hafalan Al-Qur’an yang mumpuni serta kemampuan dalam Publik Speaking maupun IT yang sangat penting di zaman modern sekarang. 


    Motivasi dari guru

    Guru seringkali disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, dari sekian banyak guru yang keduanya miliki, ada satu guru nya di sekolah yang selalu membimbing dan memotivasi mereka dalam belajar. 

    Guru Bahasa Arab di MAN 1 Indragiri Hilir tersebut secara rutin memberikan materi kitab kuning di rumahnya. Hal ini dilakukan nya secara sukarela.


    Guru Bahasa Arab nya tersebut telah membimbing keduanya sejak kelas X Sampai kelas XII, beliau juga yang telah mendaftarkan dan membantu segala proses dalam melanjutkan kuliah ke Timur Tengah bagi keduanya. Beliau berharap agar semakin banyak Putera INHIL yang bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri agar Kabupaten Indragiri Hilir semakin maju dan gemilang. 


    Pada tanggal 26 Agustus 2022 kedua nya telah berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta menuju Jeddah kemudian dilanjutkan ke Tabuk, Kerajaan Arab Saudi didampingi oleh Guru Pembimbing nya Ustadz Annuar Gunawan, S.Pd.I, M.Pd. 


    Dukungan tentunya datang dari berbagai pihak, selain MAN 1 Indragiri Hilir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Inderagiri Indragiri Hilir yaitu H. Harun, S.Ag, M.Pd. saat ditemui di ruangan nya pada 17 Agustus 2022 yang lalu mengungkapkan turut bangga dan mendoakan kelancaran dalam studi keduanya


    "Alhamdulillah.. Selamat kepada dua Siswa MAN 1 Indragiri Hilir yang berhasil mendapatkan beasiswa di Kerajaan Arab Saudi, pesan saya belajar lah dengan baik dan Bangunlah daerah asal agar lebih baik lagi serta jaga nama baik Madrasah, Kabupaten Indragiri Hilir dan Indonesia selama studi disana."


    Begitu pula, Kasi Pendidikan dan Madrasah Kankemenag Kabupaten Indragiri Hilir, Drs. H. Afrizal, M.M juga memberikan banyak nasehat kepada keduanya agar nanti nya dapat berhasil dalam studi dan pulang ke Indragiri Hilir ikut membawa perubahan positif. 


    "Doa orang tua sangatlah penting untuk kesuksesan kita semua, begitu pula jangan pernah lupakan jasa guru yang telah membimbing. Karena mereka lah kita semua bisa seperti ini. Saya merasa bangga dan mendoakan keberhasilan untuk Ananda M. Subhan Arifuddin dan Muhammad Fiqri Ardiansyah " tutup nya.


    Editor : Rezki
    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini