• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Video

    Iklan

    Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Bertambah Jadi 14 Orang

    Jun 27, 2022, June 27, 2022 WIB Last Updated 2022-06-27T08:37:02Z
    ilustrasi jemaah haji meninggal dunia Sumber : MCH 2019

    BERITAINHIL.com  – Jakarta : Tak akan ada yang menyangka dan menebak dengan pasti kapan dan di mana akan menghembuskan nafas terakhir atau wafat. Begitu pula dengan jemaah haji yang sedang melakukan ibadah di Tanah Suci.  


    Hingga hari ini, 27 Juni 2022, dilaporkan total 14 jemaah haji Indonesia yang wafat saat melaksanakan ibadah haji. Enam di antaranya meninggal dunia di Makkah dan sisanya meninggal dunia di Madinah. Para jemaah yang meninggal dunia, telah diterbitkan Sertifikat Kematian atau Certificate of Death (COD), yaitu sertifikat formulir yang menjelaskan sebab wafat dari jemaah. 


    Dari data terakhir yang dihimpun sejak 26 Juni 2022, dua jemaah haji Indonesia terakhir yang meninggal dunia bernama Samiran Mudjiono Kartoredjo berusia 64 tahun asal embarkasi Surabaya (SUB 10) dan Yuli Nurani Hidayah asal embarkasi Solo (SOC 27) usia 56 tahun. 


    Kepala Daerah Kerja Makkah, Muhammad Khalifah menjelaskan bahwa, jemaah haji yang meninggal dunia sebagian besar karena cardiovascular diseases atau penyakit jantung. "Jemaah haji yang wafat itu sebagian besar karena penyakit jantung (6 orang), semoga ke depan jamaah haji sehat-sehat selalu," ujar Khalifah.  


    Berikut adalah nama jemaah haji yang meninggal dunia lainnya : Rochma Erviana Prastyawati, Sugiansyah Basuni M Yamin dari Kloter BDJ-3, Purnomo Sokariyo Sastro dari Kloter SOC-15, Hasbullah Burlian Myim dari Kloter JKS-16, Muslim Abdul Wahab dari BTJ-1, Bawuk Karso Samirun dari Kloter SUB-4, Bangun Lubis Wahid dari Kloter PDG-4, Suhati Rahmat Ali dari Kloter JKG-1, Suharno Bin HM Sudjin dari Kloter JKG-10, Alfin Hartini Soengeb dari Kloter SUB-9, dan Fadlillah Muhaki Al Hapisa SUB Kloter SUB-22. 


    Seperti diketahui, jemaah haji yang meninggal tidak boleh dibawa pulang ke Indonesia dan langsung dimakamkan di sana.  


    Sebagai tambahan informasi, musim haji sudah dimulai sejak awal bulan Juni, yang mana kloter pertama sudah berangkat ke Tanah Suci pada 4 Juni 2022 lalu dan akan berakhir di bulan Juli. Pelaksanaan ibadah haji sempat tertunda selama dua tahun, yaitu di 2020 dan 2021 saat pandemi Covid-19 melanda dunia. 


    Kuota haji Indonesia pada 1443 H/2022 M berjumlah 100.051 jamaah, terdiri atas 92.825 jamaah kuota haji reguler dan 7.226 jamaah kuota haji khusus.  


    Sumber: Viva.co.id 

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini