-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Rendahnya Kesadaran Warga Soal Kebersihan, Petugas Banyak Temukan Sampah di dalam Drainase

    May 10, 2022, May 10, 2022 WIB Last Updated 2022-05-10T07:00:30Z
    Petugas PUTR Kabupaten Inhil sedang membersihkan drainase-drainase di jalan M Boya depan Lr Pepaya Tembilahan.

    BERITAINHIL.COM - TEMBILAHAN : Drainase di kota Tembilahan beberapa tahun terakhir sudah tidak bisa berfungsi secara normal. Sering ditemukan beberapa jam.hujan turun mengakibatkan banjir berhari-hari di jalan.


    Kejadian ini terus menerus terjadi sehingga membuat pengguna jalan heran dimana letak fungsi drainase. Setelah dicek-cek tenyata, wajar saja mudah banjir karena drainase yang seharusnya untuk saluran air mengalir malah dipenuhi tumpukan sampah di dalamnya.


    Proses penumpukan sampah di dalam drainase ini diduga berawal dari kecerobohan warga yang terkesan suka menumpuk sampah sembarangan di tepi jalan sehingga lama-kelamaan bisa bergeser ke drainase yang disebabkan oleh pemicu lain (banjir atau tersenggol pengguna jalan, red). 

    Seperti yang terlihat pada tumpukan sampah di Jalan Telaga Biru Tembilahan tepatnya parit 10 kelurahan Tembilahan Hulu sangat banyak sampah-sampah plastik yang menyumbat saluran drainase.


    Dalam pantauan media tumpukan sampah itu sudah lama tidak dibersihkan, hingga kini masih belum ada petugas yang melakukan pembersihan diwilayah tersebut.


    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Umar, MT saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa pihaknya akan segera membenahi saluran terutama pada jalur umum.


    "Pada awal bulan Januari 2022 pihak kami sudah mulai bekerja. Karena sebelumnya pembersihan drainase ini adalah tugas dari dari DLHK, hasil kebijakan pemerintah ini dilimpahkan kepada kami," ujarnya, Selasa (10/4/22).

    Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pihaknya membentuk tim saluran drainase untuk melakukan pembersihan got-got di wilayah kota Tembilahan.


    "Kita bikin tim saluran drainase sebanyak 47 orang. Berjibaku mereka membersihkan. Harapannya agar saluran got ini tetap terjaga, kita menghimbau kepada masyarakat untuk saling menjaga saluran drainase agar tidak lagi tersumbat, jangan lagi membuang sampah sembarang karena daerah kita ini sering pasang hingga sampah masuk ke got, dan menyumbat saluran got," sebutnya.


    Saat ini kata Umar, pihaknya akan terus berupaya agar memaksimalkan bekerja sesuai dengan tupoksinya. 


    "Kita akan berusaha, walaupun tidak semudah membalikkan telapak tangan, walaupun banjir datang, setelah kita melakukan survei lebih kurang 75 kilo meter saluran drainase khusus di jalan utama yang harus kita bersihkan. Setelah lebaran ini sesuai dengan perintah Bupati Inhil kami akan roadshow kembali ke lapangan, hasil pertemuan dengan Bupati dan kecamatan-kecamatan, kami punya utang dengan masyarakat akan mengecek ke lapangan dan menginventarisasi apa kira-kira solusi atau langkahnya kalau kita keterbatasan anggaran kita coba loby ke provinsi atau pusat kita mohon dan kita berharap ada kucuran anggaran untuk kabupaten kita ini," imbuhnya.


    Sementara itu, secara terpisah dalam pantauan media Tim drainase dari Dinas PUTR Kabupaten Inhil sedang membersihkan drainase-drainase di jalan M Boya depan Lr Pepaya Tembilahan.


    Mandor lapangan Sarman menyebutkan pihaknya banyak sekali menemukan botol-botol dan sampah-sampah plastik yang ada di dalam drainase yang dibersihkan anggotanya.


    Ia berharap kepada masyarakat sama-sama menjaga drainase dan tidak buang sampah sembarang agar tidak lagi ditemukan tumpukan-tumpukan sampah seperti ini lagi.


    "Perlunya kesadaran kita bersama, agar got-got kita tidak lagi tersumbat sehingga saluran drainase bisa berjalan lancar, kita sangat berharap kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarang," pungkasnya.


    Nah, untuk menstabilkan keadaan yang sudah semakin semrawut ini, sembari petugas di lapangan terus bekerja demi kelancaran dan kenyamanan kota Tembilahan, dukungan dari warga untuk kebersihan lingkungan kota juga harus ada, dengan cara tidak membuang sampah dengan sembarangan dimulai dari diri sendiri.*

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Website Traffic