-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Lowongan Kerja BUMN 2022 Dibuka! Berikut Besaran Gaji dan Tahapannya

    Mimin
    Apr 15, 2022, April 15, 2022 WIB Last Updated 2022-04-14T23:08:07Z

     

    Lowongan Kerja BUMN 2022 DIbuka! Berikut Besaran Gaji dan Tahapannya

    Beritainhil.com - Jakarta : Kabar gembira kembali hadir bagi para pencari kerja, terutama yang berminat menjadi pegawai BUMN. Sebelum membulatkan niat memilih lowongan pekerjaan ini, tentu besaran gaji bisa menjadi bahan pertimbangan.


    Lowongan kerja BUMN telah dibuka melalui Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Berikut juga akan di sampaikan tahapan dalam mendaftar menjadi karyawan BUMN ini.

    Tercatat ada 2.700 lowongan kerja yang tersebar di sejumlah sektor dengan komposisi dan gaji yang ditawarkan BUMN.

    Rekrutmen Bersama BUMN 2022 resmi diluncurkan pada Selasa (12/4/2022). Melalui program ini, tersedia ribuan lowongan kerja untuk masyarakat berkarir di BUMN. Masyarakat yang berminat bisa mengakses laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

    Syarat melamar kerja di BUMN melalui program Rekrutmen Bersama:

    1. Warga Negara Indonesia;
    2. Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai Diploma I/II/III (27 tahun), S1/Diploma IV (30 tahun), S2 (35 tahun);
    3. IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi;
    4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia;
    5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba;
    6. Dokumen SKCK dari Kepolisian;
    7. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada;
    8. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.

    Untuk menjadi pegawai BUMN, ada beberapa mekanisme rekrutmen bersama dilakukan dengan standardisasi proses perekrutan secara bersama dan serentak dimulai dari satu pintu pendaftaran melalui situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

    Selanjutnya akan ada seleksi administrasi, kemudian Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara dan MCU yang mengikuti kebutuhan masing-masing BUMN, serta pembentukan karakter sebagai karyawan BUMN melalui Bela Negara dan dilanjutkan dengan Inagurasi.

    Untuk diketahui, setiap tahapan menggunakan sistem gugur. Hanya kandidat yang lulus setiap tahapan yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

    Syarat dan Tahapan Seleksi Rekrutmen Karyawan BUMN 2022 :

    1. TAHAP 1: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi: 14 April - 25 April
    2. Pengumuman Tahap 1: 9 Mei - 11 Mei
    3. TAHAP 2: TKD dan Core Values BUMN: 17 Mei - 27 Mei
    4. Pengumuman Tahap 2: 8 Juni - 10 Juni
    5. TAHAP 3: Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara, dan Medical Check-up: 12 Juni - 25 Juni
    6. Pengumuman Final: 4 Juli
    7. Bela Negara: 11 Juli
    8. Inagurasi: 18 Juli

    Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar maksimal tiga posisi di BUMN berbeda. Kemudian, seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya.

    "Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI)," tulis situs resmi program ini.

    Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi bisa diakses juga melalui alamat tersebut.

    "Seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar. Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online," tulisnya.

    Calon peserta seleksi bisa mengikuti program dengan registrasi via tombol Register di pojok kanan atas. Pelamar harus siapkan data Email dan No KTP. Jika sudah memiliki akun, silahkan masuk dengan alamat email dan password yang didaftarkan.

    "Persyaratan umum yang diminta adalah jenjang pendidikan, usia maksimum, persyaratan IPK untuk Perguruan Tinggi, SKCK, dan kesediaan ditempatkan di seluruh Indonesia. Namun jika ada persyaratan khusus dari BUMN tertentu akan disampaikan oleh BUMN masing-masing," tulisnya.

    Pelamar juga harus menyiapkan beberapa dokumen yang harus diunggah, seperti:

    • Foto Profil
    • KTP (jpg/jpeg/png & maks. 500kb)
    • Ijazah/Surat Keterangan Lulus (file .pdf maks. 1MB; digabungkan dalam satu file jika mengisi lebih dari satu pendidikan)
    • Transkrip Nilai (file .pdf maks. 1MB)
    • SKCK (file .pdf maks. 500kb)
    • Dokumen lainnya (Jika ada Bahasa Inggris, Sertifikat, dll; file .pdf maks. 1MB)
    • Surat Rekomendasi (file .pdf maks. 500kb; digabungkan dalam satu file)

    "Setiap dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk 2 pendidikan atau dokumen lainnya), untuk disatukan dalam 1 file dokumen."

    Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir pada acara peluncuran program tersebut berkata, rekrutmen baru harus dilakukan perusahaan pelat merah seiring terjadinya transformasi BUMN.

    Dia menyebut sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia ada di BUMN. Karena itu, BUMN perlu putra/putri terbaik berkarir di sana.

    Erick berkata, keberlanjutan kepemimpinan di BUMN harus berlanjut disertai adanya karakter AKHLAK dalam diri tiap pekerja.

    Lowongan Kerja BUMN 2022 DIbuka! Berikut Besaran Gaji dan Tahapannya


    "Kita tidak mau juga menjadi satu kekuatan besar tetapi jadi kekuatan yang salah arah karena tidak diiringi karakter yang baik. Kepintaran tanpa karakter akan jadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter akan jadi kerakusan. Karena itu saya tekankan pimpinan-pimpinan BUMN punya tanggung jawab meneruskan regenerasi yang baik, sehingga kekuatan 1/3 ekonomi yang ada di BUMN bisa melanjutkan keseimbangan daripada perekonomian Indonesia," kata Erick.

    Dalam peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia Alexandra Askandar menyebut ada lebih dari 2.700 lowongan kerja yang disediakan program ini.

    "Untuk program ini akan menghadirkan kesempatan karir lebih dari 2.700 posisi di lebih dari 50 BUMN. Persiapan yang telah kami lakukan di antaranya penyediaan platform digital terintegrasi sebagai pusat informasi dan rekrutmen, kedua penerapan core values AKHLAK sebagai salah satu tahapan seleksi, kemudian tim help desk yang akan dibuka di beberapa kanal komunikasi dan antisipasi berbagai pertanyaan pelamar," kata Alexandra.

    Melansir laman resmi program pada rekrutmenbersama.fhcibumn.id, diketahui berbagai BUMN lintas sektor membuka kesempatan kerja untuk masyarakat. Salah satu BUMN yang membuka lowongan kerja adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kemudian ada juga Perum PPD, Perum Bulog, Perum Jasa Tirta I, dan Perum Jasa Tirta II.

    BUMN selanjutnya yang turut program ini yaitu Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Perum Peruri, Perum Perhutani, PT Aero Hotel Management selaku anak usaha PT Aero Wisata, PT Aero Systems Indonesia, dan PT Aero Wisata.

    Kemudian, PT Aerotrans Services Indonesia, PT Amarta Karya (Persero), PT Angkasa Pura I, PT Balai Pustaka (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Berdikari, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), PT Bina Karya (Persero), PT Bio Farma (Persero), dan PT Citilink Indonesia juga ikut program ini.

    Ada juga BUMN lain yang terlibat seperti PT Danareksa (Persero), PT Danareksa Finance, PT Djakarta Lloyd (Persero), PT Hotel Indonesia Natour, PT Hutama Karya (Persero), PT Indah Karya (Persero), PT Indofarma Tbk., PT Industri Kereta Api (Persero), PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung, PT Jalin Pembayaran Nusantara, PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan PT Kawasan Industri Medan (Persero).

    BUMN lain yakni PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero), PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia, PT Kimia Farma Tbk., PT Mitra Kerinci, PT Mitra Rajawali Banjaran, PT Nindya Karya (Persero), PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT Perkebunan Nusantara I, PT Perkebunan Nusantara II, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Perkebunan Nusantara IX, PT Perkebunan Nusantara V, PT Perkebunan Nusantara VI, PT Perkebunan Nusantara VII, PTPN X, PTPN XII, PTPN XIV, dan PT PPA (Persero).

    PT PLN (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Putra Wijayakusuma Sakti, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., PT Surabaya Industrial Estate Rungkut, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, PT Taspen Properti, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Beton Precast Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Waskita Karya Infrastruktur, PT Waskita Karya Realty, PT Waskita Tol Road, PT Yodya Karya (Persero), PT PG Candi Baru, Perum Perumnas juga terlibat.

    Ada juga PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Asuransi Jiwa Taspen, PT Biro Klarifikasi Indonesia (Persero), PT Dahana, PT Dirgantara Indonesia, PT Gagas Energi Indonesia, PT Jaminan Kredit Indonesia, PT KAI (Persero), PT Kilang Pertamina International, PT Nusantara Regas, PT PAL Indonesia (Persero), PT PP (Persero) Tbk., PT Pertamina Gas, PT Pertamina Geothermal Energy, Pertamina Hulu Energi, Pertamina International Shipping, Pertamina Lubricants, Pertamina Patra Niaga, Pertamina Power Indonesia, Pertamina Retail, PT Peteka Karya Tirta, PT PGAS Solution, PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, PT PGN LNG Indonesia, PT Surveyor Indonesia, PT Taspen (Persero), PT Wika (Persero), Wika Bitumen, Wika Realty, Wika Rekayasa Konstruksi, Pupuk Indonesia, Perum Damri, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Sarinah, dan lain-lain.


    Gaji Karyawan BUMN 

    Berikut rangkuman gaji karyawan BUMN berdasarkan sektor perusahaan dan posisi karyawannya.

    Sumber gaji ini diperoleh dari arsip pemberitaan MNC Group dan situs resmi lainnya.

    Adapun gaji karyawan Pertamina yang sudah dirangkum MNC Portal Indonesia sebelumnya di antaranya:


    PT Pertamina (Persero)

    -Engineer Rp8,89 juta - Rp21,4 juta

    -Reservoir Engineer: Rp21,84 juta - Rp32,74 juta.

    - Chief Supply Chain: Rp63,59 juta - Rp68,97 juta.

    - Manager IT Solution: Rp57,5 juta - Rp62,5 juta.

    - Engineering Manager: Rp55,5 juta-Rp59,9 juta.

    - Pengawas HSE (HSE Supervisor): Rp24,16 - 26,3 juta.

    - Pegawai magang bidang HSE (Health, Safety and Environement): Rp5,35-Rp5,77 juta.

    - Administrasi: Rp19,4 juta - Rp21,07 juta.

    - Staf akuntansi: Rp9,6 juta - Rp10,5 juta.

    - HRD: Rp12,8 juta - Rp13,8 juta.

    - Customer Service: Rp3,35 juta - Rp3,64 juta.

    - Pustakawan (Librarian): Rp4,9 juta - Rp5,2 juta.

    - Pekerja kilang: Rp14 juta - Rp26 juta.

    - Petugas SPBU: Rp1,9 juta - Rp5,1 juta.

    - Pegawai magang: Rp1,76 juta - Rp3,07 juta.


    PT Telkom Indonesia

    - Product manager: Rp88-94 juta

    - Strategic Investment Manager Rp58-62 juta.

    Sementara itu, gaji karyawan Telkom di level senior manager berkisar Rp39-Rp43 juta. Untuk level staff berkisar Rp8 juta-Rp10 juta per bulannya. Khusus bagi karyawan yang masuk melalui jalur Management Trainee (MT) Rp7 juta-Rp8 juta.


    PT Bank Mandiri

    - Level area branch manager Rp68-74 juta. -Level manager Rp27-30 juta.

    - Internal auditor Rp10-11 juta.

    - Level staff Rp10 juta.

    Jika karyawan masuk melalui jalur Management Trainee (MT) atau Officer Development Program (ODP), gajinya berkisar Rp6 juta per bulan.


    Editor : Rezki

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini