-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    BKKBN Kabupaten Inhil Gelar Sarasehan Hasil Pendataan Keluarga (PK 21)

    Apr 19, 2022, April 19, 2022 WIB Last Updated 2022-04-19T06:47:27Z

    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Indragiri Hilir, Gelar Sarasehan Hasil Pendataan Keluarga (PK 21) Kabupaten Indragiri Hilir. Kegiatan itu diselenggarakan bertempat di Lantai 5 kantor Bupati Jalan Akasia Tembilahan, Selasa (19/4/22)


    Dalam sarasehan ini, BKKBN Provinsi Riau memaparkan hasil rekapitulasi Pendataan Keluarga (PK 21) yang terlebih dahulu melalui proses pengolahan data, dan cleansing data yang terdiri dari beberapa indikator salah satu nya indikator Utama yaitu data Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga.

    "Tentunya data yang dihasilkan akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggung jawabkan, karena data ini akan digunakan sebagai dasar untuk membuat kebijakan, perencanaan, pengendalian dan pemantauan oleh pengelola dan pelaksana program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau biasa kita sebut Banggakencana disemua tingkatan. Serta pemanfaatan data keluarga bagi instansi terkait di pemerintah daerah maupun bagi instansi vertikal", ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si.


    Data dan informasi keluarga ini penting dan strategis karena tidak hanya sebagai alat untuk mengukur indikator kinerja utama khususnya program Bangga Kencana, tetapi juga untuk menyediakan data untuk kepentingan operasional program-program nasional hingga kebutuhan data di lini lapangan.

    "Selain data dan informasi keluarga yang dilakukan sebelumnya juga ada pengumpulan data tentang kondisi fisik balita," ujarnya


    Fisik balita didata antara lain mengukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala Balita. "Data ini untuk mendukung upaya percepatan penurunan stunting," pungkasnya


    Dijelaskan juga, Pendataan Keluarga merupakan kegiatan pengumpulan data yaitu tentang data kependudukan, data Keluarga Berencana, data Pembangunan Keluarga, dan data anggota Keluarga yang dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah (BKKBN).

    Selanjutnya, “Data ini merupakan data yang terbaru atau data terkini”, papar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau.


    Senada dengan itu, adapun Bupati Inhil dalam sambutannya, Bupati Inhil mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan pendataan keluarga tahun 2021, terutama pada Para Penyuluh KB dan Para Kader KB sebagai ujung tombak suksesnya program ini, khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir.


    Hadir pada kegiatan, Bupati Indragiri Hilir HM. Wardan, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Indragiri Hilir Hj. Zulaikhah Wardan, Sarasehan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si dan rombongan, kepala Dinas P2KBP3A kab. Inhil beserta jajaran, kepala UPT terkait beserta jajaran, Kabid dan Jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Inhil, serta Camat Se-kabupaten Indragiri Hilir, serta tamu undangan yang hadir.*

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Website Traffic