-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Video

    Iklan

    Ditaja RSUD Puri Husada bersama Radio Gemilang FM, Dr. H. Gusfrizer, Sp. OG hadir Jelaskan Bahaya Kanker Serviks

    Feb 23, 2022, February 23, 2022 WIB Last Updated 2022-03-02T12:46:13Z

    Beritainhil.com - TEMBILAHAN : Siaran Radio Gemilang FM Tembilahan kabupaten Indragiri Hilir Dalam acara Bual Bual Sehat Bersama Narasumber Dr. H. Gusfrizer, Sp. OG ,dengan pembahasan “Kanker serviks” di Radionya Gemilang FM, Di jalan Akasia kecamatan Tembilahan, Rabu (23/2/22).


    Dalam paparannya Dr. H. Gusfrizer, Sp. OG dijelaskan bahwa Kanker serviks adalah pertumbuhan sel tak terkendali (kanker) yang terjadi pada leher rahim. Leher rahim atau serviks merupakan bagian dari saluran reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan rahim atau uterus. Semua wanita berisiko menderita kanker ini. Namun, wanita yang aktif secara seksual cenderung lebih terpengaruh.


    Melakukan hubungan seksual secara rutin dengan berlainan pasangan merupakan faktor utama penyebab kanker serviks. Selain hubungan seksual diluar pernikahan, kebiasaan merokok pada wanita, turut memicu kehadiran virus dari Human Papillomavirus (HPV).


    "Kanker serviks ini tidak dapat dilihat karena terdapat didalam anatomi tubuh wanita sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit. Gejala umum yang timbul biasanya berupa keputihan yang berkelanjutan dan menyebabkan cairan yang berbau tidak sedap," jelasnya.



    Dan tingginya kasus kanker serviks melalui infeksi virus dari Human Papillomavirus (HPV), ditularkan melalui hubungan seksual mau pun melalui non seksual. Pada aspek lainnya, pasien umumnya terjangkit kanker serviks sebesar 70% dalam keadaan stadium 2B. Artinya stadium lanjut dan harus dilakukan tindakan operasi.


    Dr. H. Gusfrizer, Sp. OG juga memberikan cara cara pencegahan nya "hal yang dapat dilakukan kaum perempuan guna mencegah kanker serviks, dengan jalani pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi, selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan, Jika anda perokok, segera hentikan kebiasaan buruk ini. Hindari berhubungan intim saat usia dini, jangan bergonta-ganti apalagi diikuti dengan hubungan intim. " Tutupnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini