• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    TP PKK Inhil Ikuti Festival Pangan Lokal Sekaligus Lomba Cipta Menu

    11 Nov 2021, November 11, 2021 WIB Last Updated 2021-11-12T07:16:02Z

    BERITAINHIL.com - Pekanbaru : Melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Inhil mengikuti Lomba pada Festival Pangan Lokal / Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, S.Sos. M.E, Kamis (11/11/2021). 


    Bertempat di Gedung Wanita Provinsi Riau, Festival pangan lokal sekaligus lomba cipta menu dan edukasi pangan lokal yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau (Gubri) Drs. H. Syamsuar, M.Si tersebut dikuti oleh TP PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. 

    Pada lomba yang merupakan agenda tahunan tersebut, Kabupaten Inhil yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, didampingi Wakil Ketua I TP PKK Inhil Anita Pramawati Syamsuddin dan Ketua DWP Inhil Hj. Siti Marwiyah Afrizal kali ini meraih Juara III. 


    Gubri Syamsuar mengatakan bahwa, Pemerintah Pusat selalu mengingatkan kepada Pemerintah Daerah agar memperhatikan bidang ketahanan pangan di masing-masing Daerah.  



    "Program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait ketahanan pangan ini tidak boleh diabaikan. Sehingga perlu Daerah untuk memanfaatkan potensi sumber pangan lokal di Daerah masing-masing". Kata Gubri Syamsuar. 


    Sejalan dengan arahan Gubri Syamsuar, Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah berharap dengan kegiatan lomba ini dapat dijadikan sebagai ajang menampilkan kreatifitas pengelolaan berbagai pangan berbahan lokal dalam rangka mengantisipasi terjadinya kelangkaan pangan yaitu beras. Tuturnya 


    "Ya, jadi dengan kita mengolah berbagai olahan pangan berbahan lokal seperti ubi, talas, jagung, sagu, ikan, dan lain-lain yang ada disekitar kita untuk memenuhi kebutuhan gizi Keluarga pengganti beras, atau tadinya yang kebiasaan dikonsumsi Masyarakat kita, jadi tidak tergantung kepada beras saja. Untuk itu lomba ini sebagai salah satu cara menggali kemampuan para Ibu-ibu TP PKK untuk mengolah beragam maknanan dengan bahan baku lokal". Tambah Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan.



    Lebih lanjut dikatakan Zulaikhah, yang lebih penting lagi setelah lomba, hasil menu yang sudah diolah dan dilombakan ini dapat disosialisasikan kepada Masyarakat agar dapat dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, dengan demikian Masyarakat dapat mengolah bahan makanan dengan bahan baku disekitarnya dan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Keluarga karena makanan yang bergizi tidak harus yang mahal dan dibeli di Kota atau toko-toko. 


    Terakhir Zulaikhah menghibau, kepada seluruh Ketua TP PKK Kecamatan, Desa, maupun Kelurahan agar dapat secara aktif mensosialisasikan olahan makanan B2SA ini kepada Masyarakat di Daerah masing-masing sehingga kebutuhan gizi Keluarga terpenuhi dan tidak ada lagi lahir Balita-balita kurang gizi, gizi buruk bahkan stunting di Daerah kita. Tutup Zulaikhah 


    Turut hadir dalam festival pangan lokal tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau Syahfalefi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Herman Mahmud, dan tamu undangan lainnya.


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini