-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Sempena HKN, Puskesmas Tembilahan Hulu Gelar Baksos

    Mimin
    Nov 11, 2021, November 11, 2021 WIB Last Updated 2021-12-03T16:17:40Z



    Beritainhil.com - Tembilahan Hulu : Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melalui UPT Puskesmas Tembilahan Hulu gelar bakti sosial pembangunan jamban sehat, Kamis (11/11/2021).


    Bakti sosial yang dilaksanakan di Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu itu dilalukan secara gotong royong bersama masyarakat Desa di bantu TNI. 


    Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Hulu, Hj Rosdinah, SST, M. Kes menjelaskan pembangunan jamban sehat merupakan strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), salah satunya membiasakan BAB di jamban sehat. 


    Guna menciptakan kebiasaan baik itu UPT Puskesmas Tembilahan Hulu berinovasi membentuk Kelompok Papa Peduli Jamban Warga Indragiri atau disingkat Kelapa Pandan Wangi. 


    "Kami telah melaksanakan pembuatan jamban sehat dari hasil Jumat berbagi berkah yang dilaksakan setiap Minggunya oleh UPT Puskesmas Tembilahan Hulu," ujar Hj Rosdinah menjelaskan. 

    Lanjut ia menjelaskan, pembuatan Jamban Sehat dilakukan secara gotong royong bersama masyarakat dengan dibantu oleh bapak-bapak TNI dari Kodim 0314/Inhil. 


    " Dlaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat Desa Sungai Intan Dusun Pinang dan juga di bantu TNI untuk yg ke 2 kalinya," imbuhnya. 


    Lanjut ia mengungkapkan kegiatan pembangunan jamban sehat ini merupakan percontohan untuk masyarakat Desa Sungai Intan, agar Kecamatan Tembilahan Hulu menjadi Kecamatan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. 


    "Jamban ini merupakan percontohan kita untuk masyarakat Desa sungai intan kec Tbh Hulu agar Kecamatan Tbh Hulu dapat Menjadi Kecamatan yang ODF," pungkasnya.


    Jamban Sehat secara prinsip harus mampu memutuskan hubungan antara tinja dan lingkungan. Sebuah jamban dikatagorikan Sehat jika :

    1. Mencegah kontaminasi ke badan air

    2. Mencegah kontak antara manusia dan tinja

    3. Membuat tinja tersebut tidak dapat dihinggapi serangga, serta binatang lainnya.

    4. Mencegah bau yang tidak sedap

    5. Konstruksi dudukannya dibuat dengan baik & aman bagi pengguna.



    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Website Traffic