• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Zulaikhah Wardan Berikan Bantuan untuk Balita Penderita Gizi Buruk

    8 Jul 2021, Juli 08, 2021 WIB Last Updated 2021-07-08T13:28:50Z

    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Hj Zulaikhah Wardan SSos ME selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menjenguk balita usia 4 bulan penderita gizi buruk bernama Rafael, di Rumah Singgah Baiturrahman Dinas Sosial Jalan Bunga Tembilahan, Kamis (8/7/2021).


    Rafael berasal dari Desa Kemuning Muda, Kecamatan Kemuning. Ayahnya seorang buruh tani. Bersama Ibu dan Kakaknya, Rafael berada di Rumah Singgah sejak tanggal 5 Juli lalu. Sebelumnya Rafael dirawat di RSUD Puri Husada Tembilahan selama 13 hari.


    Kedatangan Ibunda Kabupaten Inhil ini memberi kesan manis kepada keluarga Rafael. Ibunya menyatakan bahwa kedatangan Zulaikhah membawa semangat dan harapan baru bagi ia dan keluarga.

    "Anak kita ini perlu perhatian ekstra, orangtua sebaiknya jangan melahirkan lagi, mengingat usia juga yang sudah 40 tahun ke atas. Ibu harus mengkonsumsi makanan bergizi agar dapat memberi asi ekslusif yang baik untuk Rafael, banyak sayur yang baik untuk memperlancar asi, salah satunya katu," jelas Zulaikhah.


    Wanita yang selalu tampil anggun bersahaja ini sangat aktif dalam kegiatan sosial. Dirinya mudah terenyuh jika menyaksikan kondisi masyarakat yang kurang beruntung.

    "Anak gizi buruk di Indragiri Hilir ini ada 19 balita, maka kita akan menggelar Gerakan Satu Hati untuk mengentaskan gizi buruk, karena gizi buruk ini bisa berakhir dengan stunting. Jadi target kita Desember tidak ada lagi gizi buruk. Mudah-mudahan dengan gerakan memberikan asupan, ketinggalan berat badan balita akan terkejar. TB dan BB balita harus sesuai dengan umurnya, sehingga tidak terjadi stunting," urainya.


    Selain itu ia juga menyebutkan bahwa dalam Gerakan Satu Hati tersebut akan mengedukasi masyarakat tentang pemberian asupan gizi untuk balita.


    "Keluarga diberi juga pengetahuan bagaimana memberi asupan gizi untuk balita. Masyarakat kita ini kadang ada yang mampu, tapi tidak tahu. Balita jangan diberi susu kental manis, tidak cocok usianya," tutur Zulaikhah.


    Usai menjenguk Rafael, Zulaikhah yang didampingi Kepala Dinas Sosial dan Kabid juga menjenguk M Should Ikhsan, anak berusia 6 tahun pasien usus buntu dan tumor jinak.


    Warga asal Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran ini merupakan pasien rawat jalan di RSUD Puri Husada. Ayahnya yang seorang petani mengucapkan syukur dengan adanya rumah singgah ini, karena sangat bermanfaat untuk tempat bernaung sementara bagi masyarakat yang tidak memiliki keluarga di Tembilahan.


    Sebelum meninggalkan lokasi, Zulaikhah memberi bantuan serta mengingatkan kepada orangtua para pasien untuk terus berdo'a kepada Tuhan agar anak-anak segera pulih sehingga menjadi anak yang sehat dan ceria.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini