• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Laboratorium Gemilang Inhil Bersama BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan Adakan Kegiatan MCS

    17 Jul 2021, 12:35 WIB Last Updated 2021-07-17T05:35:08Z

    BERITAINHIL.com - Tembilahan : BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan dan Laboratorium Gemilang Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengadakan kegiatan yang melibatkan seluruh masyarakat wilayah kerja Puskesmas Kuala Enok.


    Kegiatan yang dilakukan meliputi
    pemeriksaan penunjang peserta prolanis oleh Laboratorium Gemilang Mobile Customer Service (MCS) oleh BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan. Perjalanan dilakukan menggunakan transportasi air dengan waktu perjalanan ± 1 jam. Setelah sampai di Puskesmas, masyarakat sudah ramai berbondong-bondong menghadiri Puskesmas.  Kegiatan langsung dibagi menjadi 2 lokasi, MCS dan pemeriksaan penunjang prolanis. Pada hari yang bersamaan juga dilakukan kegiatan vaksinasi covid-19 oleh Puskesmas.

    Pemeriksaan penunjang prolanis oleh laboratorium gemilang

    Laboratorium gemilang jemput bola dalam pemeriksaan bagi peserta prolanis, pada hari yang sama juga dilakukan pemeriksaan prolanis di Puskesmas Tanah Merah. Pemeriksaan diberikan kepada peserta prolanis diagnosa DM dan HT.


    Jenis pemeriksaan yaitu HBA1C untuk prolanis DM dan Kimia Darah untuk prolanis DM dan HT. total peserta yang dilakukan pemeriksaan sebanyak 103 orang terdiri dari 78 peserta prolanis Puskesmas Kuala Enok dan 25 peserta prolanis Puskesmas Tanah Merah.

    Dan kegiatan dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan juga dihadiri Camat serta Komandan Rayon Militer yang  juga sebagai peserta prolanis di Puskesmas Kuala Enok. Peserta terlihat antusias dan sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan pemeriksaan dan berharap kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan oleh laboratorium.

    Selain pemeriksaan penunjang, biasanya peserta prolanis juga mendapatkan edukasi kesehatan setiap bulan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan, peserta menyampaikan pelayanan petugas di Puskesmas sangat ramah dan memperhatikan perkembangan kesehatan peserta prolanis baik melalui grup, telepon maupun kunjungan rumah.

    Harapannya, sinergi yang dilakukan oleh Puskesmas dengan Pihak BPJS Kesehatan dan Laboratorium terjalin baik sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan kesehatan. Beberapa peserta yang sedang menunggu antrian dilakukan juga edukasi tentang manfaat yang didapatkan sebagai peserta prolanis.

    Disamping itu, Kepala Puskesmas Kuala Enok, H. Muhammad Syum SKM, MM mengungkapkan bahwa Puskesmas Kuala Enok sudah mulai fokus pada kualitas pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan kepuasan peserta menjadi faktor utama dalam melaksanakan strategi pelayanan kesehatan. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Puskesmas tidak lain merupakan cara agar memperoleh kepercayaan masyarakat terhadap tujuan pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas. Kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan sehingga Puskesmas termotivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi pesertanya.

    Mobile Customer Service (MCS) oleh BPJS Kesehatan Cabang
    Kegiatan Mobile Customer Service (MCS) kali ini dilakukan atas permintaan dari Puskesmas Kuala Enok yang bertepatan dengan beberapa kegiatan yang dilakukan secara bersamaan. Kegiatan MCS sendiri dilakukan mulai pukul 09.00 WIB bertempat di aula Puskesmas Kuala Enok dengan menggunakan protokol Kesehatan dan diawasi oleh petugas keamanan TNI dan Polri karena melibatkan massa yang banyak. Sebelum masuk ruangan peserta diwajibkan melakukan cuci tangan dan menggunakan masker, peserta yang sudah patuh protokol Kesehatan baru mendapatkan nomor antrian.

    Kegiatan MCS ini berlangsung dengan tertib dan teratur hingga pukul 13.30 WIB dengan didominasi oleh peserta segmen PBI yang melakukan perbaikan data dan pencetakan kartu yang salah. Adapun jumlah peserta yang melakukan pelayanan administrasi sebanyak 61 orang. Beberapa hal yang menarik adalah beberapa warga yang datang mempunyai dua Nomor Induk Kependudukan yang berbeda, sehingga menimbulkan data ganda. Dimana dalam kondisi seperti ini diwajibkan untuk peserta mengurus ke Dinas Dukcapil terlebih dahulu untuk memverifikasi datanya.

    Harapannya kedepan, kegiatan MCS ini dapat berlangsung rutin di Puskesmas Kuala Enok khususnya di Kecamatan Tanah Merah karena melihat animo masyarakat yang sudah mulai sadar akan Kesehatan diri dan keluarganya. Dengan masih adanya pandemic ini, Kepala Puskesmas Kuala Enok H. Muhammad Syum SKM, MM menginginkan kegiatan ini dilakukan secara rutin karena peserta dibatasi.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini