• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Budidaya Tanaman Talas Pratama bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Perak Polsek Tembilahan

    18 Jul 2021, 13:07 WIB Last Updated 2021-07-18T06:07:57Z

    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Di masa Pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi dan dituntut kreatif serta inovatif. Melalui tanam talas pratama, diharapkan akan menjadi bagian dari diversifikasi pangan di tengah keterbatasan lahan dan bernilai ekonomis.


    Kapolsek Tembilahan Ipda Raudo Perdana S.Tr.K Melalui Bhabinkamtibmas Kel. Sungai Perak Bripka Dedek Kurniawan membentuk Kelompok Tani untuk membudidayakan Talas Pratama sebagai Implementasi Program ketahanan pangan dimasa pandemi Covid 19, khususnya bagi warga Kelurahan Sungai Perak.


    Budidaya Talas Pratama ini dari keterangan Kapolsek Tembilahan Ipda Raudo Perdana S.Tr.K didukung oleh PT. SSAT terkait pembibitannya.

    Menurut Ketua Team PT.SSAT Bapak Andreas menyebutkan bahwa Talas Pratama adalah talas unggulan yang sebenarnya sudah diteliti sejak tahun 1996, nama Pratama itu sendiri merupakan singakatan dari ketiga nama peneliti talas tersebut yakni Prana, Tatang dan Maria," Sebutnya.


    Untuk diketahui Indukan Talas Pratama yang memiliki banyak keunggulan ini berasal dari mexico yang disilangkan dengan varietas talas local, dan Indonesia menjadi tuan rumah karena mempunyai plasma nutfah talas terbanyak di Dunia.


    Talas Pratama merupakan talas unggulan karena saat memasuki masa panen, talas Pratama memiliki bobot yang sangat besar yakni 5 sampai 8 Kg per batangnya. Keunggulan lainnya adalah memiliki daya tahan yang ampuh terhadap hama tanaman, Dapat beradaptasi di semua dataran, dan kandungan oksaladnya rendah.

    Saat ini tanaman talas pratama yang digarap Kelompok Tani dibawah binaan Bhabinkamtibmas Kel. Sungai Perak Bripka Dedek Kurniawan sudah memasuki Usia tiga bulan setengah, dan sudah memiliki anakan (tunas baru) yang bisa langsung ditanam kembali dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi , dan bagi masyarakat yang berminat untuk membudidayakan tanaman Talas Pratama bisa berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Kel. Sungai Perak, terkait Pembibitan dan Pengelolaannya, ujar Pak Bhabin.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini