• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bupati Inhil Buka Rakoor Pemuktahiran Data Profil Desa dan Kelurahan

    5 Apr 2021, 16:34 WIB Last Updated 2021-04-05T11:56:38Z

    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs.HM. Wardan,MP menghadiri sekaligus membuka rapat koordinasi (Rakoor) pemutakhiran data profil Desa dan Kelurahan di Kabupaten Indragiri Hilir TH 2021, di aula Gedung Puri Cendana, senin (05/04/2021),pagi.


    Acara yang ditaja oleh dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hilir menghadirkan narasumber Afrizal. ST, dari Dinas PMD Provinsi. 

    Bupati Wardan dalam sambutannya menyampaikan progres penginputan profil desa dan kelurahan di kabupaten indragiri hilir baru mencapai 82%, dari 197 desa yang sudah melakukan penginputan sebanyak 166 desa dan yang belum menginput 31 desa serta dari 39 kelurahan yang sudah melakukan penginputan sebanyak 27 kelurahan dan yang belum menginput 12 kelurahan.


    "Dari total 193 desa dan kelurahan yang telah melakukan penginputan, terklarifikasi sebagai desa dan kelurahan swadaya. swadaya artinya administrasi lemah dan kelembagaan belum berjalan dengan baik," ungkap bupati.


    Bupati berharap melalui Rakoor ini lebih mengoptimalkan fungsi kelompok kerja profil desa dan kelurahan sehingga data profil desa dan kelurahan kabupaten inhil akurat,komprehensif dan integral.



    Diakhir sambutannya bupati menekankan kepada seluruh camat dan dinas terkait agar saling bekerja sama dengan pihak desa dan kelurahan,supaya progres penginputan data profil desa dan kelurahan mencapai 100%, sehingga mendorong perkembangan Desa dan Kelurahan Swadaya menjadi Swakarya dan Swasembada.


    Untuk diketahui Swakarya adalah administrasi sudah membaik,fungsi kelembagaan sudah mulai berjalan. Sedangkan swasembada adalah administrasi baik,fungsi kelembagaan berjalan dengan baik,sarana dan prasarana lengkap.


    Rakoor ini dilaksanakan selama dua (2) hari, yang diikuti angkatan pertama sebanyak 68 peserta terdiri dari kelompok kerja profil desa dan kelurahan dan tingkat Kecamatan.


    Angkatan ke 2 ini diikuti sebanyak 9 kecamatan dan sebanyak 72 peserta terdiri dari kelompok kerja profil desa dan kelurahan tingkat desa dan kelurahan,serta tingkat kecamatan sebanyak 11 kecamatan.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini