• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Wakil Bupati Inhil Resmikan Sumur Air Bersih

    10 Mar 2021, 20:49 WIB Last Updated 2021-03-10T17:25:58Z

    BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN : Bupati Kabupaten Indragiri Hilir H.Syamsuddin Uti resmikan pemakaian Sumur Air Bersih yang di RT 003 RW 005, Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan Inhil, Rabu (10/3/2021)


    Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai plang sumur. Pembangunan sumur air bersih ini merupakan Program Kampung Zakat yang digawangi oleh Dompet Dhuafa, salah satu mitra Kemenag RI.

    Dompet dhuafa merupakan lembaga filantropi Islam yang bersumber dari dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf dan dana halal lainnya yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa, dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis dan wirausaha sosial profetik.


    Turut hadir dalam kesempatan itu Direktur Program Dompet Dhuafa Pusat KH Ahmad Shonhaji, Kakanwil yang diwakili Drs.H.Kamaruddin Kasi Zakat Kemenag Provinsi Riau, Kakan Kemenag Inhil, PC Dompet Dhuafa Riau, Camat Tembilahan beserta Unsur Forkopimcam, Lurah Sungai Beringin, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat setempat.

    Sebelum menyampaikan sambutannya, Wakil Bupati menyerahkan santunan kepada anak anak yatim dan bantuan kepada Kaum Dhuafa di Kelurahan Sungai Beringin.


    "Sebagaimana diketahui, Kabupaten Inhil yang berjuluk Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini, program percontohan daerah Binaan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI telah dimulai sejak tahun 2019, dalam bentuk Kampung Zakat yang berlokasi di Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan," kata Wakil Bupati mengawali pidatonya.

    Program ini, imbuhnya, dilaksanakan dalam jangka tiga tahun hingga akhir 2021. Dengan adanya kampung zakat ini, masyarakat khususnya yang tergolong mustahik bisa dibina dan diberdayakan melalui dana zakat, infak, dan sedekah.


    Perwakilan Program Dompet Dhuafa untuk Kabupaten Inhil sudah ada sejak 2018, dengan pilar utama program pendidikan dan sosial kemanusiaan, dalam waktu dekat ini Dompet Dhuafa akan mengirim Dai ke daerah pedalaman di Kabupaten Inhil.


    "Hal positif tersebut tentu saja sangat patut kita sambut, apresiasi dan dukung bersama. Kita semua patut bersyukur, karena alhamdulillah pada hari ini kita meresmikan pembangunan sumur air bersih program kampung zakat di Kabupaten Indragiri Hilir ini yang telah selesai dilaksanakan. Pelaksanaan pembangunan tower air bersih ini lebih kurang selama 3 bulan, sejak bulan November 2020 hingga Februari 2021, dengan pengeboran air sedalam 220 meter hingga menemukan air yang bersih, dan semua anggaran untuk pembangunan ini didukung penuh oleh Dompet Dhuafa selaku mitra Kampung Zakat," papar Wakil Bupati.


    Menurutnya, sumur air bersih ini sangat penting dan berguna bagi warga penerima manfaat yang berjumlah 70 KK dan warga sekitar sejumlah 120 orang untuk aktivitas sehari-hari yang membutuhkan air bersih. 


    "Patut pula diapresiasi bahwa warga dengan koordinasi pihak RT setempat berinisiatif untuk menginstalisasi air ke rumahnya masing-masing dengan sawadaya sehingga terbangunlah kemandirian dan kesadaran masyarakat dengan hadirnya program ini," pungkasnya.


    Sementara itu, Direktur Dompet Dhuafa Pusat menyebutkan bahwa peogram ini beriringan dengan program pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa serta menyejahterakan masyarakat. 


    "Dompet Dhuafa bergerak di sentra pendidikan, pertanian, bahkan perternakan. Sudah ribuan mahasiswa mendapat beasiswa. Ada 32 cabang Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia. Diluar negeri ada 15 cabang yang tersebar di berbagai benua, hanya di Afrika yang belum," ungkap KH Ahmad Shonhaji.


    Disebutkannya bahwa Dompet Dhuafa berkomitmen untuk menggema gerakan zakat, infak, dan sedekah untuk kekuatan pilar membangun ekonomi umat.


    "Tahun lalu Dompet Dhuafa menggelontorkan sentra perternakan untuk menjawab penyediaan hewan kurban, tahun 2021ini digalakkan Penanaman 1000 hektar lahan pertanian. Prinsip dakwah Dompet Dhuafa adalah rahmatan lil 'alamin dengan laluan ahlussunnah wal jamaah," tutupnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini