-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    HM Wardan Ikuti Vidcon Pengendalian Karhutla Tahun 2021

    Feb 23, 2021, February 23, 2021 WIB Last Updated 2021-02-23T06:59:06Z

    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP bersama Unsur Forkopimda menghadiri Video Converence (Vidcon) Pengarahan Presiden RI tentang Pengendalian Karhutla Tahun 2021, Senin (22/2/2021).


    Bertempat di Ruang Multimedia Diskominfo PS Kabupaten Inhil, turut hadir Kepala BPBD, Kepala Dishub, Pihak Satpol PP, dan Pihak Dinas Perkebunan.



    Sementara itu, Gubernur Riau, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Kalimantan Barat, dan Gubernur Kalimantan Tengah hadir secara langsung di Istana Negara RI.


    Presiden, Ir H Joko Widodo menyebutkan tujuan pengarahan ini adalah untuk mengingatkan agar para pemangku kepentingan tidak lupa pada aturan main yang sudah disepakati pada tahun 2016.


    "Kesepakatannya adalah bagi Pangdam, Danrem, dan Kapolda, jika di daerah Saudara terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka akan dicopot dari jabatan," tegas Presiden. 



    Meski saat ini terjadi bencana alam lain seperti longsor, banjir, dan sebagainya, menurut Presiden kewaspadaan terhadap karlahut tidak boleh kendor.


    "Perkuat sinergi dan eksekusi lapangan yang semakin intensif. Diperkirakan Bulan Mei menjadi fase transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Namun pada Bulan Februari ini di Sumatera sudah berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan, karena cuaca di wilayah Sumatera sangat panas. Puncaknya nanti Agustus dan September, maka dipersiapkan betul untuk menghadapi musim kemarau ini," papar Jokowi.


    Pada kesempatan itu, Presiden menginstruksikan beberapa langkah penanganan karhutla:

    1. Prioritaskan upaya pencegahan

    2. Manajemen lapangan harus terkonsolidasi

    3. Lakukan monitoring di area yang rawan hotspot

    4. Berikan edukasi terus menerus kepada masyarakat dan perusahaan

    5. Ajak tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjelaskan bahaya dan dampak karhutla

    6. Mencari solusi yang permanen untuk mencegah karhutla ke depannya

    7. Penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut terus dilakukan

    8. Jangan biarkan api membesar sehingga sulit dikendalikan

    9. angkah penegakan hukum dilakukan tanpa kompromi


    Usai pengarahan dari Presiden, Bupati melakukan diskusi bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Inhil membahas tentang titik hotspot yang ada di Inhil serta penanggulangannya.

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini