-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Dr Saud Pakpahan: Minggu Depan Nakes Lansia Akan di Vaksin

    Feb 8, 2021, February 08, 2021 WIB Last Updated 2021-02-08T09:15:17Z


    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Kepala RSUD PH Tembilahan, Dr Saud Pakpahan mengatakan, tenaga kesehatan yang berusia lanjut (lansia) akan di suntik vaksin Minggu depan.


    Pernyataan ini disampaikannya melalui seluler ketika dikonfirmasi oleh BERITAINHIL.com, Senin (8/2/21).


    "Ya nakes lansia akan di suntik. Minggu depan," ujarnya.


    Kemudian kepala RSUD PH Tembilahan itu menyebutkan, belum diketahui berapa orang tenaga kesehatan yang akan divaksinasi karena belum terdata.


    "Pastinya belum didata, sekitar 6-8  orang yang pensiunan," pungkasnya.


    Dikutip dari CNN Indonesia, terdapat lebih 1 juta orang positif Covid-19 di Indonesia, sebanyak 10 persen di antaranya berusia lanjut. Dari 10 persen jumlah tersebut, 50 persen di antaranya meninggal dunia.


    "Jadi lansia itu risikonya tinggi," ungkap dia.


    Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah memastikan keamanan dan efektivitas vaksin Coronavac terhadap lansia. Menggunakan data uji klinis fase I, II, dan III dari China dan Brasil, ditunjukkan bahwa vaksin efektif memunculkan antibodi terhadap Covid-19.


    BPOM juga telah mengeluarkan EUA terhadap pemakaian vaksin Coronavac pada 5 Februari lalu untuk usia di atas 60 tahun dengan dua dosis. Suntikan vaksin diberikan dalam selang 28 hari.


    "Mengingat populasi lansia merupakan populasi berisiko tinggi, maka pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati. Kelompok lansia cenderung memiliki berbagai penyakit penyerta atau komorbid yang harus diperhatikan dalam penggunaan vaksin ini," tutur Kepala BPOM Penny K. Lukito.

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini