• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kodim 0314 Inhil Akan Selalu Siap Bantu Pemerintah Tangani Bencana

    9 Nov 2020, 15:37 WIB Last Updated 2020-11-09T08:37:21Z



    BERITAINHIL.COM - TEMBILAHAN : Kasdim 0314/Inhil mewakili Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal mengikuti Apel kesiapan penanggulangan bencana alam di Kabupaten Inhil, Senin (09/11/2020) di lapangan Apel Kantor Bupati Inhil.




    Turut hadir dalam apel kesiapan penanggulangan bencana tersebut Kapolres Inhil, BPBD, Kejari Inhil, Pengadilan Negeri Tembilahan, Pengadilan Agama, Basarnas Inhil, Dinas Sosial dan pemangku kepentingan lainnya.




    Bupati Inhil HM Wardan pada kesempatannya bertindak sebagai pembina apel. Beliau menyampaikan arahan bahwa apel tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan dari pemerintah bersama-sama dengan TNI-Polri serta seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat.





    "Ini bentuk kesiapsiagaan dari semua elemen dalam menanggulangi dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana beserta akibat yang mungkin bisa ditimbulkannya," ujarnya.




    Selama beberapa tahun terakhir di Inhil dikatakan Bupati telah terjadi sejumlah bencana, diantaranya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), tanah longsor, puting beliung dan banjir serta bencana non alam Covid-19.




    "Apel pada hari ini bertujuan untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad semua untuk saling bahu-membahu dalam mencegah dan menanggulangi bencana. Khusus karhutla penanggulangannya tidak dilakukan sendiri-sendiri akan tetapi harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak," kata Bupati HM Wardan.




    Lanjut Bupati, meskipun bencana tersebut tidak diharapkan namun perlu untuk tetap siap siaga dan selalu waspada apabila sewaktu-waktu hal itu terjadi.




    "Penanggulangan bencana tidak hanya tugas pemerintah melalui instansi terkait, TNI-Polri, dunia usaha dan ormas semata akan tetapi tanggap bencana merupakan panggilan kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab bersama selaku masyarakat," pungkasnya. 




    Sementara itu, Dandim 0314/Inhil yang dalam hal ini diwakili Kasdim Letkol Inf Untung Kusmanto mengatakan, apel apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI, Polri, BPBD, dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana bila sewaktu-waktu terjadi.




    "Kodim 0314/Inhil akan selalu siap sedia membantu Pemerintah Daerah dalam menghadapi segala bentuk bencana yang terjadi di kabupaten Inhil dan akan bergandengan tangan dengan instansi instansi terkait, baik di kecamatan maupun di desa untuk menciptakan Inhil damai dan aman serta sejuk. Kita berharap agar lapisan masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan apabila keluar dari rumah dan mematuhi 4 M," tuturnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini