-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Sambu Group Dukung "Ketahanan Pangan" Bersinergi Dengan PKK di Inhil

    Mimin
    Sep 22, 2020, September 22, 2020 WIB Last Updated 2020-09-22T04:46:08Z



    Beritainhil.com - Tanah Merah : Mendukung Program Pemerintah "jaga kampung" dalam upaya menjaga ketahanan pangan Nasional, Sambu Group menyiapkan 3 (tiga) Hektar lahan dan langsung dilakukan penanaman ribuan bibit tanaman yang bertempat di area sambu Kuala Enok.


    Penanaman ribuan bibit  tanaman produktif yang mengikut sertakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Tanah Merah, dimulai pada hari Minggu 20 September 2020.


    Sebelumnya pemerintah Indonesia mencanangkan proyek Ketahanan Pangan Nasional, dengan memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri. 



    Didefiniskan sebagai ketersediaan bahan pangan yang berkelanjutan, ketahanan pangan tak lepas dari unsur aksesiblitas serta pemanfaatan, dimana dalam pelaksanaaanya membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak diseluruh daerah Indonesia. 


    Program Jaga Kampung di Tanah Merah ini dinkoordinir oleh Forkompincam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Tanah Merah, program sudah dimulai sejak Agustus 2020 lalu. 


    Program diawali dengan pengecekan lahan perkebunan yang ikut dipantau oleh Kapolsek Tanah Merah, AKP Liber Nainggolan. Lahan seluas 3 hektar yang berlokasi di Dusun Sungai Pinang, Desa Tanah Merah ini adalah lahan yang dimiliki oleh Sambu Group.


    Fitriadi, Humas sambu group kepada awak media menyampaikan target dari program ini adalah masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan tujuan mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan, sehingga dapat menjamin pasokan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tanah Merah.


    “Jaga Kampung” agar warga tetap terjaga ketahanan pangannya, secara mandiri dan dikelola bersama" Papar humas sambu.


    “Sebagai bagian dari program pemerintah dalam ketahanan pangan Nasional, tentunya kami sangat mendukung jalannya program Jaga Kampung di Tanah Merah. Kami berikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendayagunakan lahan yang perusahaan miliki. Dengan masyarakat aktif, lahan menjadi produktif, maka hal ini akan memastikan keberhasilan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19, khususnya di daerah kita ini”. jelas Fitriadi.


    Rencananya lahan tersebut akan ditanami dengan 1000 bibit jagung, 500 batang ubi kayu, 1000 bibit semangka, 1000 bibit timun dan 500 ekor ikan nila. Dengan melibatkan kelompok tani dan masyarakat umum, diharapkan lahan dapat digarap secara optimal.


    Ketua PKK Kecamatan Tanah Merah, Sri Andien dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Sambu Group, atas apresisasi dan kesehatannya mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19.


    “Terima kasih untuk perusahaan PT Pulau Sambu di Kuala Enok karena sangat membantu untuk kegiatan  menanam di kebun bagi ibu-ibu PKK desa Tanah Merah" ungkap Ketua PKK, Sri Andien yang mengapresiasi kontribusi Sambu Group dalam program tersebut.


    Tidak hanya berupa lahan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, Sambu Group juga meminjamkan 1 buah eskavator untuk membantu kelancaran proses kegiatan penggarapan lahan.


    Program semacam ini ternyata bukanlah kali pertama diimplementasikan oleh Sambu Group. Sebelumnya beberapa lahan perkebunan lain yang dimiliki perusahaan juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk dapat ditanami beragam jenis tumbuhan yang membantu memastikan ketersedian bahan pangan juga menggerakan perekonomian masyarakat.

     

    "Semoga tujuan program dari Jaga kampung ini bisa tercapai, yaitu terciptanya masyarakat yang sehat, pangannya cukup, serta mampu mencegah dan memutus mata rantai COVID-19," tutup Fitriad

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini