• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kodim 0314 Inhil Ikut Serta Kegiatan Gerakan Tanam Bersama

    Mimin
    24 Sep 2020, 18:53 WIB Last Updated 2020-09-24T11:53:52Z


    Beritainhil.com - Tembilahan : Kasdim 0314/Inhil Mayor Inf Untung Kusmanto menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Bersama, dalam hal ini Padi dan Jagung untuk ketahanan pangan yang di taja oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan yang dilaksanakan di desa Kuala Sebatu, kecamatan Batang Tuaka, kabupaten Inhil, Kamis (24/09/2020).


    Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Fajar Husen, Kapolsek Batang Tuaka Ipda Buha Raindah Munte, Camat Batang Tuaka Usman, Kades Seibatu Yanti, Babinsa beserta Bhabinkamtibmas, penyuluh pertanian, ketua poktan, dan masyarakat desa Kuala Seibatu. 


    Sebelum melakukan penanaman, terlebih dahulu PPL Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasir Emas memberikan pengarahan  panduan tentang cara menanam dan menjelaskan bahwa pada tahun ini kita mendapat bantuan sebanyak 7 ton dan bisa ditanamkan sekitar -/+ 500 Hektar dan yang sudah ditanam sekitar 205 Hektar. 


    "Insyaallah di lahan ini kita bisa menanam semuanya karena disini lahannya cukup luas. Ini merupakan bibit unggul hingga kurang lebih 90 hari kita sudah bisa panen," tuturnya. 


    Saat diwawancarai, Kasdim 0314/Inhil Mayor Inf Untung Kusmanto mewakili Dandim 0314/Inhik Letkol Inf Imir Faishal mengatakan maksud dan tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk mendukung program pemerintah daerah dalam rangka ketahanan pangan yang mana Desa Kuala Sebatu ini ditunjuk sebagai pilot projek sasaran penanaman jagung ini. 


    "Tentunya kita harapkan gerakan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kuala Sebatu, khususnya para petani yang tergabung dalam kelompok tani," imbuh Kasdim. 


    Sementara itu, Camat Batang Tuaka Usman SSos mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0314/Inhil dan Dinas Pertanian dan Peternakan yang telah memberikan bantuan benih jagung ke Desa Kuala Sebatu ini.


    "Kami dari pihak kecamatan sangat mendukung kegiatan ini. Dimana di desa ini pada umumnya ditanami padi hanya 1 kali dalam setahun yang dinamakan IP 100. Dengan adanya tanaman jagung ini kita menjadi IP 200 yaitu tanaman padi dan jagung," sebut Usman. 


    Camat juga berharap agar penanaman ini terus dilaksanakan oleh seluruh petani dan  jangan hanya saat menerima bantuan  melakukan penanaman, namun terus dan terus dilakukan agar petani bisa maju dan berkembang apalagi daerah ini merupakan lahan yang terluas dan sangat potensi untuk tanaman padi dan jagung.


    Senada dengan itu juga, Kepala Dinas Pertanian H Fajar Husen mengucapkan terimakasih kepada TNI dan Polri yang telah melakukan pendampingan pertanian dan bersama sama dengan kementrian pertanian dalam hal ini di daerah yaitu dinas pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat terutama dalam kondisi Covid 19 seperti saat ini.


    "Dengan adanya dukungan dari TNI dan Polri, ini dapat mendongkrak semangat masyarakat untuk meningkatkan penanaman terutama tanaman pangan dalam hal ini padi dan jagung dengan harapan ketahanan pangan masyarakat di daerah dapat terpenuhi," tukasnya.


    Editor : Db

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini