• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Festival Lomba Selodang 2020, ini Kata Mantan Camat Gaung Nursal Sulaiman

    24 Apr 2020, 19:39 WIB Last Updated 2020-04-24T12:39:09Z

    Beritainhil.com, INDRAGIRI HILIR - Festival Lomba Selodang yang merupakan icon kebanggan masyarakat daerah Kecamatan Gaung, ternyata telah ada sejak delapan tahun yang lalu. Hal itu dikatakan langsung oleh Mantan Camat Gaung yakni Drs Nursal kepada awak media dalam rangka mengingat sebentar lagi akan tiba Hari Ulang Tahun Kecamatan Gaung pada 26 April 2020.

    Drs Nursal Sulaiman yang merupakan pernah menjabat sebagai Camat Gaung pada tahun 2012 tersebut, ia mengisahkan bahwa hal itu semua berawal dari keinginan beberapa tokoh masyarakat Kecamatan Gaung agar memiliki ikon atau ciri khas tersendiri, apabila orang melihat atau menyebut ikon tersebut langsung ingat dengan Kecamatan Gaung.

    "Nah, Beranjak dari keinginan itulah makanya kita coba mengangkat kebiasaan setiap hari masyarakat di Gaung dalam mengangkut buah kelapa dengan perahu kecil ke sungai menjadi sebuah pertunjukan dan perlombaan yaitu Lomba Selodang," tutur Nursal saat mengisahkan kepada awak media melalui via Seluler, Jum'at (24/4/2020) siang.

    Seiring perkembangan zaman, perlombaan tersebut ternyata saat ini telah dijadikan sebagai event wisata tahunan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil, dan telah diterima juga oleh masyarakat luas Kabupaten Inhil pada umumnya dan Masyarakat Kecamatan Gaung khususnya.

    "Alhamdulilah pada saat itu sambutan masyarakat sangat antusias, dan dilaksanakan setiap tahun disaat memperingati ulang tahun Kecamatan Gaung atau Milad Gaung pada tiap tanggal 26 April. Tahun ini mungkin tidak dilaksanakan, hal ini tentunya berkaitan dengan adanya status waspada pandemi Covid-19 yang harus kita hindari kegiatan-kegiatan dalam bentuk mengumpulkan orang banyak," jelas Nursal. 

    Drs Nursal juga berharap pandemi ini segera berakhir agar ikon Gaung yang merupakan kebanggan masyarakat tetap terlaksanakan.

    "Mudahan pandemi ini segera berakhir dan tentunya saya berharap agar tahun-tahun kedepannya lomba Selodang kembali dilaksanakan apalagi sudah menjadi kalender Kabupaten Inhil. pada kesempatan ini saya ucapkan selamat ulang tahun buat Kecamatan Gaung, semoga semakin berjaya dan salam buat seluruh warga Gaung yang tak mungkin pernah akan terlupakan oleh saya sampai mati nanti," Imbuhnya. 

    Untuk diketahui bahwa Pelaksaan Festival Selodang Kecamatan Gaung untuk tahun 2020 kemungkinan ditiadakan, hal itu mengingat saat ini sedang terjadi Pandemi Covid19 dan telah memasuki Bulan Puasa Ramadhan 1441 Hijriah. Sampai berita ini diterbitkan, konfirmasi dari pihak Pemerintah Kecamatan Gaung terkait kebenaran atau tidak ditiadakannya Festival tersebut hingga sekarang belum ada jawaban. (iful)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini