• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sekitar 2 Ha Lahan Terbakar di Tempuling, Dandim dan Wakapolres Inhil Terjun Kelokasi

    3 Mar 2020, 23:58 WIB Last Updated 2020-03-03T16:58:24Z

    Beritainhil.com, INDRAGIRI HILIR - Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal bersama Wakapolres Kompol Russel Firdaus SH terjun langsung untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan  (karhutla) yang terjadi di Parit Minang RT.20 RW.06 Kelurahan Sungai Salak,  Kecamatan Tempuling, Kabupaten Inhil (Inhil) - Riau, Selasa (03/03/2020).

    Dandim menuturkan sebanyak 22 orang anggota TNI dari Kodim dan Koramil 03/Tempuling, Polri 10 orang, Satpol Kecamatan 3 orang, BPBD Tempuling 8 orang, Damkar PT SAGM 4 orang, MPA 4 orang, dan Masyarakat 10 orang turut berjibaku untuk memadamkan kobaran api yang melahap sekitar 2 Ha lahan gambut milik bapak Sukri (37) tersebut.

    "Dengan peralatan seperti parang sebanyak 3 buah, Mesin Robin 3 Unit, Mesin Siboarsa 1 Unit, Cangkul 3 Unit, sekira hampir 1 jam api sudah bisa dijinakkan, walaupun lahan masih mengeluarkan asap," tuturnya.
    Saat ini, lanjutnya, Tim Gabungan masih terus melaksanakan pendinginan di TKP untuk mengantisipasi agar tidak timbul kembali titik api akibat angin kencang.

    "Angin yang kencang dan sering berubah arah, cuaca yang terik, dan tanah gambut tebal dengan kedalaman 95 cm dalam kondisi kering menjadi hambatan yang sangat berpengaruh dalam proses pendinginan pasca Karhutla ini," ujar Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal.

    Letkol Inf Imir Faishal juga memerintahkan Tim gabungan untuk membuat Skat pembatas secara manual sebagai antisipasi Karhutla agar tidak semakin meluas. Kemudian melaksanakan pembersihan parit disekitar lokasi untuk nantinya dijadikan sebagai sumber air.

    "Kita akan terus bersinergi serta berkoordinasi secara terus menerus dengan instansi lain dalam upaya pemadaman dan antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan seperti ini," timpal Dandim.
    Dandim 0314/Inhil menyebutkan bahwa pelaku pembakaran lahan tersebut masih dalam proses penyelidikan.

    "Kegiatan ini juga sebagai suatu upaya untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar masyarakat memahami tentang bahaya karhutla dan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak TNI-POLRI saja akan tetapi ini menjadi tanggung jawab kita bersama," pungkasnya.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Inhil  H.M Wardan MP, Sekretaris BPBD Tembilahan Eri Iwardana, Pasi Ops Dim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi, Camat Tempuling Ridwan,Danramil 03/Tempuling  Kapten Arh Sugiyono, Kapolsek Tempuling AKP Subagja SH, dan Lurah Sungai Salak Bpk Suwardi. (DB)


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini