• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pemkab Inhil Tingkatkan Penyediaan Data Kependudukan Berkualitas

    Mimin
    17 Des 2019, 01:39 WIB Last Updated 2020-01-13T23:27:17Z

    BERITAINHIL.com, Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar Focus Grup Discussion (FGD) satu data kependudukan yang di laksanakan Aula Hotel Top 5, Senin (16/12/2019) BPS bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan indonesia.






    Dalam acara tersebut mengusung tema “Sinergi Meningkatkan Partisipasi dan Kolaborasi Dalam Penyediaan Data Kependudukan Berkualitas” dan di buka langsung Bupati Inhil HM Wardan.





    Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, data merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam penelitian dan perencanaan pembangunan. sensus penduduk merupakan kegiatan pendataan penduduk secara nasional yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali sebagai amanat undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik.





    “Seperti yang disampaikan presiden joko widodo dalam pidato kenegaraan 16 agustus 2019, “data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. kini data lebih berharga dari minyak. oleh karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan. hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. regulasinya harus segera disiapkan, tidak boleh ada kompromi,” kata Bupati Inhil





    Menurut Bupati Inhil, banyak tantangan di depan yang akan kita hadapi bersama, berbeda dengan sensus penduduk yang pernah kita laksanakan sebelumnya, sp2020 akan menggunakan data registrasi penduduk dari ditjen Dukcapil sebagai data dasar pelaksanaan sensus penduduk di lapangan. Dan di samping itu, kesuksesan sp2020 nantinya akan berada pada dua titik krusial. yaitu saat sensus penduduk online (spo) dan saat pelaksanaan sensus penduduk wawancara (spw) untuk menjaring dan mencatat secara lengkap seluruh masyarakat yang tidak melakukan spo pada periode yang telah ditentukan, yaitu selama bulan februarimaret.





    “Maka dari itu, Keberhasilan pelaksanaan sensus penduduk 2020 (sp2020) merupakan tanggung jawab bersama. besarnya cakupan pendataan sp2020 ditambah dengan semakin kompleksnya mobilitas penduduk di tahun 2020 menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi. Untuk menjawab tantangan tersebut, diperlukan publisitas yang masif, intensif, dan tersegmentasi agar mampu menyasar penduduk indonesia yang memiliki karakteristiknya tersendiri baik menurut geografi dan demografi. Satu data indonesia tentunya menjadi acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data. Untuk itu, sangat diperlukan partisipasi dan dukungan kita semua sehingga menjamin kesuksesan pelaksanaan sp2020,” tutup Bupati Inhil.





    Kepala BPS Kabupaten Inhil Ajid Hajiji mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh tamu undangan yang telah menyempatkan diri untuk hadir terkhusus Bupati Inhil yang telah membuka secara resmi acara hari ini.





    “Terima kasih kepada seluruh seluruh yang hadir pada hari ini khusus bapak Bupati, dan membersikan dukungan serta supord kepada kami,” ucap Hajiji





    Hajiji menututurkan bahwa dukungan yang sangat berarti bagi kami ini. Karena, ini juga menjadi modal kepercayaan diri untuk memantapkan sensus penduduk 2020. Dan berharap kita bisa sukses dengan dukungan bantuan dari seluruh masyarakat, Kepala Dinas, OPD, Kepala Badan, termasuk juga pak camat dan kepala desa.





    “Sensus penduduk 2020 ini cukup berbeda dari sebelumnya.di mana mempunya sistem berbeda diantaranya Onlai dan wawancara. Karena itu, dukunga dari pemerintah dan sekholder Kabupaten Inhil sangatlah berarti, Sehingga semua bisa aktif berperan untuk mencatat data kependudukan kita hingga bisa menjadi satu data Indonesia,” tutupnya.





    Ddr




    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini