• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Malam Puncak Pagelaran Festival Bumi Sri Gemilang Seni Serumpun Ke18

    Mimin
    17 Nov 2019, 07:32 WIB Last Updated 2020-01-13T23:27:02Z
    Beritainhil.com - Inhil Kembali menggelar Festival Bumi Sri Gemilang Gelar Seni Serumpun ke-18 yang diikuti oleh dua negara tetangga Malaysia dan Singapura di Lapangan Gajah Mada

    [gallery td_gallery_title_input="Foto : Festival Bumi Sri Gemilang Gelar Seni Serumpun ke-18 yang diikuti oleh dua negara tetangga Malaysia dan Singapura di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Sabtu (16/11/2019) " columns="1" td_select_gallery_slide="slide" ids="4602,4594,4597,4598,4596,4599,4600,4601,4603,4595"]

     

    Selain dua Negara tersebut beberapa sanggar seni teater Kabupaten/Kota tetangga ambil peran dalam Festival tersebut diantaranya Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Selatan, Kota Jambi, Kabupaten Deli Serdang Sumut, Kabupaten Tanjung Balai Karimun Provinsi kepri dan Padang Panjang Sumbar.

    HM Wardan selaku Bupati Indragiri Hilir sekaligus tuan rumah merasa bangga dan mendukung baik pergelaran Seni Serumpun dalam rangka festival Bumi Sri Gemilang yang disambut baik oleh masyarakat, karena selain di isi oleh 13 grup seni yang tampil, acara ini juga diisi dengan penampilan 50 peserta yang mengikuti festival dangdut.

    "Pergelaran kesenian ini memiliki makna yang cukup penting, tidak hanya berperan sebagai forum untuk berbagi dan bertukar informasi, tentang pembinaan, pengembangan dan upaya untuk memajukan seni tradisi serumpun antar Provinsi dan antar Negara," ungkap Bupati HM Wardan.

    Bupati mengatakan pergelaran tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya serta memberikan hiburan yang edukatif dan bernilai cultural sebagai filter masuknya budaya barat yang dapat mengikis jati diri bangsa khususnya rumpun Melayu.

    Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata kepemudaan dan olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Junaidi mengatakan maksud tujuan dilaksanakan gelar seni serumpun tersebut adalah untuk menjadikan sebagai wadah seni dan budaya dalam rangka melestarikan budaya seni yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

    "Kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi dengan Negara tetangga melalui Festival Bumi Sri Gemilang Gelar Seni Serumpun ke-18. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen.
    Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir dalam membangun dan memajukan kebudayaan melalui seni dan budaya," ucapnya

    Festival tersebut juga dikatakan Junaidi telah melaksanakan lomba tari sekapur sirih tingkat SD, lomba tari garapan baru tingkat SLTP dan SLTA. Malam ini berlangsung lomba lagu Melayu yang  memakan waktu 2 hari, karen diikuti oleh puluhan peserta.

    Malam Festival tersebut merupakan malam puncak dari seluruh rangkaian acara. Para peserta perlombaan dari panitia pelaksana akan memberikan hadiah berupa uang, tropi dan piagam penghargaan.
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini