-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Ujian Praktik SIM C Tak Lagi Mengitari Angka 8, Ini Gantinya

    Aug 4, 2023, August 04, 2023 WIB Last Updated 2023-08-04T08:49:17Z

     

    Foto ilustrasi, sumber foto; Gridoto.com

    BERITAINHIL.com - Jakarta ; Polisi resmi menghapus ujian praktik SIM angka 8. Perubahan ini dilakukan sesuai instruksi Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang meminta kepada para jajarannya untuk mengkaji ulang materi ujian praktik pembuatan SIM C (motor) tersebut. 


    Lalu apakah ujian penggantinya?


    Uji praktik SIM dengan membentuk angka 8 dan zig-zag resmi diubah. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman. "Iya, sudah diubah," ujar Latif dikutip detikNews.


    Menurut Latif, Korlantas Polri telah membuat desain baru sirkuit untuk uji praktik SIM ini. Uji praktik SIM dengan membentuk angka 8 kini diganti dengan model bentuk huruf S.


    "Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf 'S'," katanya lagi. Selain itu, lebar lintasan ujian yang sebelumnya sempit juga diubah. Kini sirkuit lebih lebar.


    "Ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan," imbuhnya.


    Latif mengatakan perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit ini mengakomodasi empat materi ujian praktik. Kini ujian dilakukan tanpa materi tes zig-zag dan slalom. "Sudah, mulai besok di Daan Mogot. Rencana akan ditinjau langsung oleh Kakorlantas," pungkasnya.


    Sebelumnya, wacana menghilangkan praktik mengitari angka 8 dan berjalan zig-zag diungkapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sigit mempertanyakan soal ujian praktik SIM C yang dilakukan polisi saat ini. Dia meminta, kalau sudah tidak relevan agar segera diperbaiki.


    "Dan khusus untuk pembuatan SIM, ini saya minta Kakorlantas tolong dilakukan perbaikan, yang namanya angka delapan itu masih sesuai atau tidak, yang namanya melewati apa itu, zig-zag zig-zag itu masih sesuai atau tidak. Saya kira kalau memang sudah tidak relevan, perbaiki," terang Sigit saat memberi sambutan pada Upacara Wisuda STIK Tahun Ajaran 2023 di Lemdiklat Polri, Jakarta (21/6/2023).


    Sumber; oto.detik.com

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini