• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Video

    Iklan

    Buaya Sepanjang 3 Meter di Kempas Dievakuasi Oleh DPKP Inhil

    May 19, 2022, May 19, 2022 WIB Last Updated 2022-05-19T04:19:45Z
    Tim Reaksi Cepat DPKP Inhil berhasil evakuasi buaya berukuran 3 meter.


    BERITAINHIL.com - Kempas : Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan ( DPKP) Kabupaten Inhil berhasil mengevakuasi satwa liar (Buaya) muara dengan panjang lebih kurang 3 meter, lebar 40-50 cm di Desa Sungai Ara kecamatan Kempas, Kamis, (19/05/2022).


    Berdasarkan surat Kepala Desa Sungai Ara kecamatan Kempas yang ditujukan kepada Bapak Bupati tentang keresahan masyarakat mengenai adanya hewan buas buaya yang sudah mengancam jiwa manusia, petunjuk dan arahan pimpinan DPKP Inhil menindak lanjuti dengan menurunkan Tim Reaksi cepat (TRC) untuk menangani buaya muara yang meresahkan masyarakat.

     

    Tim reaksi cepat terdiri dari 2 Regu TRC  DPKP Kabupaten Inhil, beranggotakan lebih kurang 20 orang didamping Pengawas, tim EMS/Emergency Medical Service/ Medis sebanyak 3 orang, media 1 orang  dengan total keseluruhan anggota DPKP Kabupaten Inhil sebanyak 24 orang.


    Sebelum operasi, hari rabu tgl 18 mei 2022 dilakukan briefing yg dipimpin langsung oleh Kepala DPKP Kabupaten Inhil untuk mengambil langkah-langkah penanganan evakuasi mengingat Satwa Liar ( Buaya) muara ini cukup besar.


    Sekitar pukul 16.30 wib Tim sudah berada di lokasi,  terlebih dahulu Tim DPKP inhil Apel persiapan yg dihadiri aparat Desa dan Babinkantibmas, selanjutnya TRC DPKP Kabupaten Inhil bergerak menyusuri parit-parit dimana lokasi buaya berada.


    proses penangkapan buaya berjalan memakan waktu lebih kurang 5 jam dan beberapa kali mengalami kegagalan karena buaya yg ditangkap cukup besar. Tim terus melakukan pencarian sampai malam hari.


    Tepat Pukul 00.30 wib 19/05 Tim TRC DPKP Kabupaten Inhil Berhasil mengevakuasi buaya, langsung diamankan di Mako DPKP Inhil di Jl. SKB Tembilahan untuk diamankan sementara sambil menunggu koordinasi lebih lanjut dengan Konservasi Sumber Daya Alam, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Rengat.


    Saat di temui di lokasi, kepala DPKP Kabupaten Inhil, Drs,H, Eddiwan Shasby MM mengatakan proses pengevakuasian buaya muara berjalan dengan lancar.


    "Alhamdulilah Operasi yang dilakukan DPKP Inhil ini berjalanan lancar dan baik serta semua anggota dalam keadaan baik, keletihan kami dalam melaksanakan tugas sudah terbayarkan dengan keberhasilan penangkapan buaya hari ini," ucapnya.


    Drs,H, Eddiwan Shasby MM mengimbau kepada masyarakat khususnya ditempat temuan buaya untuk terus waspada dan berhati-hati.


    "Kami menghimbau kepada masyarakat sekitar lokasi ditemukannya buaya ini agar selalu berhati-hati dan waspada, karena tidak menutup kemungkinan masih ada buaya lainnya," jelas Drs,H, Eddiwan Shasby MM.


    Ada beberapa kemungkinan buaya bisa berada di permukiman masyarakat :

    1. kondisi cuaca musim penghujan dan air pasang sangat berpengaruh 

    2. habitat dari buaya terganggu.

    3. buaya mencari.makan atau mangsa yg ada sumber makanan.

    4. kemungkinan lain buaya mencari tempat bertelur


    Drs,H, Eddiwan Shasby MM, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Inhil, Aparat Desa yang selalu membantu dan mensuport DPKP Inhil.


    "Saya dan Tim DPKP Inhil mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemda Inhil dalam mensuport kinerja Damkar selama ini, begitu juga kepada aparat Desa yg sudah menyampaikan informasi keberadaan hewan buas yang meresahkan masyarakat," ucap Kepala DPKP Inhil.


    Perlu diketahui oleh masyarakat, Satwa liar yang ada di kandang DPKP Inhil yang berada di jl.SKB Tembilahan bukan hanya buaya saja,  juga ada beberapa ekor ular Sanca Jenis Batik.


    Pelayanan Kebakaran Dan Non Kebakaran Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Gratis!!***



    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini