• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Video

    Kodim 0314 Inhil Gelar Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

    17 Sep 2021, September 17, 2021 WIB Last Updated 2021-09-17T07:54:19Z

    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Guna mempererat kerukunan antar umat beragama, Kodim 0314/lnhil gelar kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama di wilayah teritorial Kodim 0314/lnhil.


    Kegiatan ini digelar di Aula Graha Bhakti Kodim 0314/lnhil jalan Aad Yani Parit 9 Tembilahan Hulu. Jum'at, (17/09/2021).

    Dalam sambutanya Dandim 0314/lnhil Letkol lnf lmir Faishal mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dini dan cegah dini terjadinya konflik sosial antar umat beragama di lndonesia khususnya diwilayah Kabupaten lndragiri Hilir.


    "Seperti yang kita ketahui bahwa bangsa lndoesia ini adalah bangsa yang sangat majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku,Agama,bahasa,adat dan budaya yang beraneka ragam namun kita harus dapat hidup menjadi satu dibawah atap yang sama dalam bingkai NKRl dan hidup rukun di dalamnya," kata Dandim.

    Oleh karenanya, hampir diseluruh intansi khususnya pertikal, selalu mempunyai kegiatan bagaimana untuk membina keragaman itu khususnya keragaman hidup beragama. Seperti yang dilakukan hari ini di instansi TNl, kegiatan ini berada dibawah mata kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama. Ini sangat penting. 


    Ada 5 hal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang tidak dilimpahkan ke daerah salah satunya adalah agama. Agama ini sudah merupakan kebijakan dari pemerintah pusat dan ini sudah tertuang didalam landasan hukum yang dianut. Didalam landasan konstitusiolal,dalam Undang undang sudah disebutkan didalam pasal 28 dan 29 semuanya ini adalah dalam rangka untuk Bangsa lndonesia ini bisa hidup rukun meskipun berbeda beda agama.


    "Toleransi umat beragama ini sudah kita gaungkan, sudah kita gelorakan sejak Negara ini berdiri. Namun tentunya dengan berbagai macam dinamika kehidupan, dengan perkembangan jaman dan semakin majunya tekhnologi, hal ini tetap harus kita lakukan secara konsisten dan berkesinambungan," tukasnya.


    Karena kalau tidak, maka tidak tahu bagaimana pengaruh pengaruh globalisasi apalagi yang menimpa generasi muda yang dapat merasuk kedalam kehidupan beragama. Ini yang harus di jaga dan di pelihara terus menerus sehingga kegiatan kegiatan yang dapat menimbulkan kerukunan umat beragama untuk saling mengingatkan tentu selalu dilakukan.


    "Kita harus terus gelorakan ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya konflik antar umat beragama di negara kita. Untuk kita terus bisa berjalan bersama berdampingan meskipun berbeda agama dengan cara hidup saling menghargai dan saling menghormati antar sesama," ujarnya.


    Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari setiap agama yang ada di wilayah Kabupaten lnhil, perwira staf Kodim 0314/lnhil, Subdenpom Tembilahan, Minvetcad Tembilahan dan perwakilan anggota dari Koramil Koramil jajaran serta PPM dan FKPPl Kabupaten Inhil.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini