• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dinsos Inhil Jenguk Anak ODGJ di 2 Tempat yang Berbeda

    14 Jul 2021, 09:55 WIB Last Updated 2021-07-14T02:55:04Z



    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Dinas Sosial kabupaten Indragiri Hilir, turun langsung ke lapangan, memastikan informasi tentang seorang anak yang mengalami Gangguan Jiwa (ODGJ) tinggal bersama orangtuanya (Laki-laki) di sekitar Jalan Sudirman, dalam keadaan memperhatikan.


    Saat ke lokasi, Dinsos Inhil turun bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, diantaranya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan pihak Damkar kabupaten Indragiri Hilir.


    Kepala Dinas Sosial kabupaten Indragiri Hilir, H Arifin melalui Kepala Bidang Rehabilitas Sosial (REHSOS) kabupaten Indragiri Hilir, Nuraini mengatakan, bahwa pihaknya mendapat informasi tersebut dari Organisasi Emak-emak Sehat, yang melaporkan bahwa ada anak yang mengalami gangguan jiwa tinggal di sekitar Jalan Sudirman, bersama ayahnya sangat memperihatinkan. Berdasarkan hasil laporan tersebut, pihak Dinsos Inhil sangat respon dan segera menindak lanjuti.

    Sesampainya di lokasi kata Nuraini, orang tua sang anak sangat berharap anaknya mendapatkan bimbingan ataupun tempat tinggal yang layak. 


    "Harapan orang tua anak agar anaknya bisa mendapatkan bimbingan atau mereka diberikan tempat tinggal karena saat ini mereka hanya tinggal yang kurang layak," sebutnya.


    Nuraini menuturkan setelah pihaknya melakukan survey, ternyata anak ODGJ tersebut masih bisa diajak berkomunikasi.


    "Untuk tindak lanjut, Dinsos akan membawa anak ini ke RSUD (Poli Jiwa) dari hasil poli jiwa kalau memang harus dirujuk, ke Pekanbaru maka akan kita rujuk ke Pekanbaru untuk mendapatkan perawatan medis," terangnya.


    Sementara itu, di tempat terpisah Dinsos bersama Forum Pekerja Sosial Masyarakat (FPSM) kabupaten Indragiri Hilir, juga mengunjungi seorang anak ODGJ di lorong samping kuburuan Kelurahan Sungai Beringin Tembilahan.


    Nuraini menyebutkan bahwa pihaknya mendapat laporan langsung dari ayah sang anak yang datang ke kantor Dinsos untuk meminta bantuan agar anaknya mendapatkan pertolongan.


    "Orang tuanya datang kekantor untuk minta perawatan anaknya ke Pekanbaru, karena dari kondisi kejiwaannya bisa berbicara sendiri, dan laporan dari masyarakat sekitar juga mengenai kejiwaan anak tersebut, sering bicara sendiri, sehingga masyarakat disekitar tempat tinggal sangat terganggu," jelasnya.


    Terakhir Nuraini menjelaskan bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait dengan penanganan ODGJ ini.


    "Untuk tindak lanjut Dinsos akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan guna penanganan sesuai ketentuan. Selanjutnya secara bersama-sama pula memeriksakan ODGJ tersebut ke RSUD Puri Husada, di poli jiwa guna mengetahui sejauhmana derajat kesehatan jiwa yang bersangkutan, dan rekomendasinya," pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini