• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    DiskominfoPS Inhil Hadirkan Enam Narasumber Saat Pelaksanaan Talk Show Nikah Itsbat Terpadu

    10 Feb 2021, 19:26 WIB Last Updated 2021-02-17T05:25:09Z



    BERITAINHIL.com - Tembilahan :

    Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (DiskominfoPS) Inhil hadirkan enam narasumber saat pelaksanaan talk show membahas tentang program Nikah Itsbat Terpadu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, Rabu (10/2/21).


    Narasumber yang dihadirkan yakni Sekretaris Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Inhil, Habibie, Ketua Komunitas Emak Sehat, Yuliana Daud, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberbudayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KP3A), R. ARLIANSAH, Pengadilan Agama Tembilahan, Gushairi, Kasi Bimas Islam Kemenag Inhil, H. Hairuddin, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Inhil, Nursal Sulaiman. 


    Talk show yang berlangsung selama beberapa jam ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama Talk show fokus membicarakan tentang awal mula tercetusnya ide Nikah Itsbat Terpadu dan Persiapan Pelaksanaan, dengan mendudukkan IWO dan Emak Sehat selaku penemu kasus di lapangan sementara DP2KP3A sebagai pihak yang memfasilitasi atas terselenggaranya kegiatan ini. 


    Kemudian pada sesi ke dua, dilanjutkan dengan pembahasan teknis pelaksanaan Nikah Itsbat Terpadu yang diisi oleh Pengadilan Agama Tembilahan selaku pihak yang memiliki peran penting dalam persidangan, selanjutnya Kemenag Inhil yang berperan sebagai pihak yang meneruskan dari hasil keputusan sidang yakni memberikan hak peserta yang dinyatakan sudah diakui pernikahannya dengan memberikan surat nikah, dan terakhir Disdukpencapil Inhil yang juga memiliki peran dalam data kependudukan peserta yang nantinya akan diberikan Kartu Keluarga, e-KTP dan status pernikahannya tercatat. 




    Pembawa acara Talk show yang berjalan sangat alot tersebut, Zulkifli dalam penutup acara talk show memberikan himbauan kepada masyarakat kabupaten Indragiri Hilir agar tidak mudah melakukan pernikahan siri, karena dari proses yang telah dipaparkan oleh masing-masing penyelenggara ini tidak segampang yang dipikirkan. 


    "Buat seluruh masyarakat Inhil kita pesankan jangan mudah melakukan nikah siri karena setelah kita dengarkan paparan narasumber ternyata banyak susahnya dari pada gampangnya," ungkapnya. 




    Zulkifli yang akrab disapa Ijul ini juga berpesan kepada masyarakat yang sudah terlanjur melakukan pernikahan siri agar segera mencarikan solusi pernikahan tersebut agar bisa jelas statusnya.


    "Bagi masyarakat yang sudah terlanjur melakukan pernikahan siri segera cari solusi untuk memperbaiki, silahkan mengikuti tahapan yang telah ditetapkan oleh Hukum Agama dan Juga Undang-undang yang telah dibuat pemerintah agar jelas dan diakui negara," imbuhnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini