• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kepala Dinas PMD Inhil Hadiri Rapat Pengarusutamaan Gender

    Mimin
    26 Jan 2021, 12:13 WIB Last Updated 2021-03-05T05:15:44Z

     


    Beritainhil.com - Tembilahan : Selasa (26/1/ 2021), bertempat di aula Kantor BAPPEDA Kab. Inhil Jalan Akasia no. 1 Tembilahan, Pemkab Inhil yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra H. Tantawi Jauhari membuka Rapat Pengarustamaan Gender tentang Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Kecamatan dan Desa / Kelurahan Kab. Inhil tahun 2021.


    Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bapeda, kepala BP3AKB, Kepala DPMD Kab. Inhil serta diikuti oleh OPD Penggerak PUG, Fasilitator Kabupaten DMIJ plus Terintegrasi dan Tenaga Ahli P3MD terkait lainnya.




    Pengarusutamaan gender (PUG) merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan perspektif gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan. 


    Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) merupakan perencanaan yang disusun dengan mempertimbangkan empat aspek yaitu; akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat, yang dilakukan secara setara antara perempuan dan laki-laki. Hal ini berarti bahwa perencanaan dan penganggaran tersebut mempertimbangkan aspirasi, kebutuhan dan permasalahan pihak perempuan dan laki-laki, baik dalam proses penyusunan maupun dalam pelaksanaan kegiatan.




    Dalam sambutan Bupati Inhil yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan bahwa PPRG bukanlah suatu proses yang terpisah dari sistem yang sudah ada, bukan pula penyusunan rencana dan anggaran khusus untuk perempuan yang terpisah dari laki-laki, dan bukanlah tujuan akhir, melainkan sebuah kerangka kerja atau alat analisis untuk mewujudkan keadilan dalam penerimaan manfaat pembangunan.


    "Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, karena kita menyadari bahwa dalam menggesa pembangunan sekarang ini kita harus dapat mengoptimalkan seluruh potensi, salah satu potensi tersebut adalah kaum perempuan yang merupakan potensi yang tidak dapat kita abaikan baik dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara".




    Editor : Dy

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini