• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bupati Inhil HM Wardan Tinjau dan Petik Kelapa Pandan Wangi Asal Thailand

    6 Des 2020, 17:57 WIB Last Updated 2020-12-06T10:57:17Z

     


    BERITAINHIL.com - Tembilahan : Kabupaten Indragiri Hilir yang terkenal sebagai Hamparan Kelapa Dunia memiliki berbagai macam jenis kelapa salah satunya Kelapa Pandan Wangi.




    Bupati Inhil HM.Wardan yang didampingi Ketua KTNA Yusuf Said dan Ketua Komisi II DPRD inhil Ir. Amd. Junaidi, Meninjau sekaligus memetik secara lansung tanaman kelapa Pandan Wangi ini. Sabtu (05/12/20). 




    Perlu diketahui bahwa Kelapa Pandan Wangi yang ditanam Ketua KTNA Inhil Yusuf said sebanyak 52 Pohon ditanah milik Pribadi beliau berlokasi di Dusun Sungai Sirih Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu dengan diselingi tanaman lain seperti; Pisang dan Alpokat. 




    Kelapa pandan Wangi diketahui berasal dari Thailand ini dengan nama ‘Aromatic Nam Hom Coconuts` Kelapa Pandan Wangi merupakan salah satu kelapa eksotik dengan karakter spesifik aroma wangi pandan pada sabut, air dan daging buahnya serta citra rasa pandan dan manis pada air dan daging buah Pertumbuhan varietas kelapa ini sangat lambat. 



    Namun usia berbuah kelapa Pandan Wangi sangat cepat antara 3 sampai 3,5 tahun, lebih pendek dari kelapa biasa yang mencapai 6 sampai 7 tahun.



    Selain cepat berbuah, kelapa pandan wangi memiliki rasa yang lebih manis, ditambah aroma wangi pandan yang semakin menggugah selera.



    Hal tersebut menjadikan kelapa Pandan Wangi perbatasan banyak menarik minat bukan hanya untuk konsumsi tetapi menarik minat para peneliti sebagai objek risetnya.




    Pada kesempatan tersebut, Bupati Inhil HM.Wardan yang terkenal sebagai Bupati yang gencar memperkenalkan Inhil sebagai hamparan Kelapa Dunia menikmati wangi dan aroma ciri khas Kelapa Pandan Wangi ini. 




    "Kelapa Pandan Wangi ini harus dikembangkan di Kabupaten Inhil, Mengingat Kelapa ini memiliki aroma dan wangi khas tersendiri dibandingkan kelapa yang lain dan sangat cocok dikembangkan sebagai salah sumber ekonomi masyarakat petani Kelapa di Inhil", ungkap Bupati HM.Wardan sambil menikmati wanginya air kelapa Pandan Wangi.



    Untuk itu, kepada Pak Yusuf Said sebagai ketua KTNA kedepa dikembangkan lagi, tutupnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini