• Jelajahi

    Copyright © BERITAINHIL.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Diskominfo Inhil Kunjungi Data Center Pekanbaru Untuk Wujudkan Kota Pintar

    Mimin
    4 Jul 2020, 15:59 WIB Last Updated 2020-07-04T09:03:38Z

    Beritainhil.com - Pekanbaru: Di era perkembangan teknologi informasi saat ini dan dalam upaya membuat Kabupaten Indragiri Hilir menjadi kota pintar (smartcity). Dinas Komunikasi, Informasi, Pers dan Statistik (Diskominfopers) berusaha mewujudkan tersedianya ruang Pusat Data.

    Guna mewujudkan Pusat Data di Kabupaten Indragiri Hilir, Asisten II Sekdakab Inhil Afrizal didampingi Plt Kadiskominfopers, Trio Beni Putra dan jajarannya melakukan kunjungan ke Pusat Data PT Citra Reksatama di Pekanbaru, Sabtu (4/7/2020).


    Kunjungan ke Data Center Pekanbaru tersebut disambut langsung oleh Supervisor Yudha Dewantoro bersama tim. Sebelum dibuka gedung Pusat Data yang terletak di Jalan SM Amin Pekanbaru, setiap tamu yang berkunjung harus melewati prosedur pemeriksaan ketat. 

    Plt Dinas Kominfo Kabupaten Inhil Trio Beni Putra mengungkapkan, kunjungan ke Data Center Pekanbaru ini akan menambah wawasan pihaknya dalam mewujudkan ruang Mini Data Center di Kabupaten Inhil. 

    "Kunjungan ke markas Pusat Data Pekanbaru ini untuk mengkaji pengelolaan internet yang terintegrasi dan ruang pusat informasi keamanan publik, teknologi dan integrasi data serta aplikasi di Kabupaten Inhil," ungkapnya.


    Tambah, ini diterbitkan dengan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, membuat semua pemerintah kabupaten kota wajib menerapkan sistem aplikasi yang terintegrasi sebagai jalan tol sistem digital dalam menjalankan roda pemerintahan sehingga terciptanya efisiensi, dukungan, dan akuntabilitas guna menekan penyimpangan sekecil mungkin. 

    Sementara Asisten II Sekdakab Inhil, Afrizal menyatakan Pemerintah Kabupaten Inhil menyambut baik terobosan yang dilakukan Diskominfo ini dalam upaya mewujudkan Mini Data Center ini. 

    "Tentunya, langkah yang dilakukan Diskominfo ini sangat baik dalam upaya mengintegrasikan dan pengamanan data-data Satuan Kerja Perangkat Daerah di Mini Data Center," tegasnya. 

    Untuk itu, harus didukung lembaga atau perusahaan Pusat Data yang telah diakui keamanannya dalam bidang teknologi ini. 

    Masih di tempat yang sama Yudha Dewantoro dari vendor PT Citra Reksatama sangat mengapresiasi atas kunjungan kerja rombongan Dinas Kominfo Kabupaten Inhil ke Pusat Data Pekanbaru dan siap membantu dalam menciptakan Kabupaten Inhil menuju Kota Pintar yang terkait dengan menghubungkan jaringan internet dan ruang Mini Data Center yang akan dibuat.

    "Perusahaan kami benar-benar menerapkan sistem keamanan yang sangat tinggi dalam pengamanan data yang disimpan di sini. Beberapa Kabupaten / Kota di Riau telah menjalin kerjasama dalam hal penyimpanan data ini," imbuhnya. 

    Dalam kunjungan ini, rombongan Diskominfo Inhil diajak melihat langsung berbagai fasilitas pendukung di perusahaan, seperti daya suplai, ruang penyimpanan data, dan ruang penting lainnya yang sangat bersih dan untuk masuk yang memerlukan pemeriksaan dan kunci akses khusus.

    Editor : Db/rls/Diskominfopers Inhil
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini