Sekda Inhil Hadiri Lomba Pacu Pompong Kuala Patah Parang

BERITAINHIL.com, INHIL – Menutup bulan kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019, Pemerintah Desa, Kuala Patah Parang, Kecamatan Sungai Batang, Inhil, menyelenggarakan perlombaan rakyat Lomba Pacu Pompong Nelayan. Perlombaan tahun 2019 ini merupakan tahun ke 5 pelaksanaannya.

Namun untuk Perlombaan Pacu Pompong Nelayan di Desa Kuala Patah Parang tahun ini terasa istimewa, karena dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir, H Said Syarifuddin SE MP M.Sn, Rabu, (28/8/2019).

Kabar kedatangan Sekda ini mendapat sambutan antusias masyarakat nelayan. Sepanjang bibir pantai tampak dipenuhi kerumunan penonton, selain memang untuk memeriahkan perlombaan, nelayan ini mengaku senang bisa bersama dengan Sekda H Said Syarifuddin, selaku Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Kabupaten Inhil, yang telah mereka anggap sebagai “orang tua” para nelayan di Inhil.

Kepala Desa Kuala Patah Parang, Dedi Suandi, dalam sambutannya sesaat sebelum di mulainya lomba, mengutarakan kegembiraannya, karena Sekda H Said Syarifuddin, selaku Ketua HNSI bisa hadir ditengah-tengah masyarakat Desa Kuala Patah Parang ini.

“Kami senang, akhirnya tahun ini bapak kami, bapak kita semua para nelayan, Pak Said Syarifuddin bisa hadir ditengah-tengah kita. Mudah-mudahan kehadiran bapak kita ini akan membawa kebaikan, bukan hanya untuk event perlombaan pacu pompong ini, namun juga menjadi perhatian, baik terkait potensi perikanan kami, maupun nasib para nelayan kita yang memang masih banyak yang diperlu diperhatikan,” ungkapnya.

Dedi Suandi menambahkan, untuk tahun ini, perlombaan pacu pompong diikuti oleh 12 peserta, baik dari Desa Kuala Patah Parang sendiri, juga diikuti oleh utusan nelayan dari Desa Sungai Laut Kecamatan Tanah Merah, dan Desa Pulau Ruku Kecamatan Reteh.

“Bahkan event ini, juga dimeriahkan oleh peserta dan penonton yang datang dari Kuala Tungkal Provinsi Jambi,” tambahnya.

Sementara Sekdakab Inhil, H Said Syarifuddin, mengaku senang dan bangga, dengan perlombaan pacu pompong nelayan Desa Kuala Patah Parang ini. Kedepan HNSI Kabupaten Inhil akan memperjuangkan menjadi agenda rutin HNSI Kabupaten Inhil.

“Perlombaan pacu pompong kuala patah parang ini unik. Saya rasa ini satu-satunya di Inhil,” kata Sekda, dalam sambutannya.

Menurutnya, Lomba Pacu Pompong ini perlu dikembangkan sebagai ajang wisata, nelayan harus bangkit. Kedepan kita akan kemas lebih baik, dengan hadiah yang lebih besar dan bervariatif, dan ini penting sebagai motivasi.

“HNSI Kabupaten Inhil juga mendorong Lomba Pacu Pompong ini dimasukkan dalam event wisata tingkat kabupaten,” ucap Said Syarifuddin, yang disambut gemuruh tepuk tangan penonton dan nelayan yang hadir dilokasi perlombaan pacu pompong tersebut.

Related posts

Leave a Comment