Puncak Peringatan Hari Kartini Ke-140 TH 2019 di Kabupaten Inhil.

INHIL–BERITAINHIL.com, Bupati Indragiri Hilir yang diwakili Asisten 1 Setda Inhil Drs.Darussalam menghadiri Puncak Peringatan Hari Kartini Ke-140 Tahun 2019, Selasa (23/04/2019) yang mengangkat tema “nyalakan Pelita Kebudayaan, Terangkan Cita-cita Pendidikan”.

Acara ini ditaja oleh Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) bekerjasama dengan seluruh organisasi wanita Kabupaten Inhil. Bertempat di Gedung Engku Kelana Jl. Baharuddin Yusuf. turut di hadir Ketua Dewan Penasehat Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, Wakil Ketua 1 TP PKK Anita Pramawati Syamsuddin, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Inhil Hj Sy Rohana Syarifuddin, Unsur Forkopimda Inhil, Ketua Organisasi-organisasi Wanita Inhil beserta anggota, dan para undangan.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan pemenang lomba dalam rangka Hari Kartini. Ketua Dewan Penasehat DWP Hj. Zulaikhah Wardan dalam sambutannya mengatakan, Raden ajeng kartini merupakan tokoh pelopor wanita indonesia. bersyukurlah kita wanita indonesia karena telah pernah memiliki seorang pelopor pejuang nasib kaum perempuan, sehingga derajat kaum perempuan terangkat seperti sekarang ini. kepeloporan r.a kartini selayaknya kita teladani dan amalkan. kita perempuan indonesia, telah memperoleh hak-hak kita sebagai perempuan, termasuk pada bidang pendidikan.

namun kita sebagai perempuan tidak lantas semena-mena. meskipun kita telah mendapatkan emansipasi, namun kita tidak boleh meninggalkan sifat-sifat dan kodrat sebagai perempuan, apalagi yang dibesarkan dalam adat ketimuran, dimana perempuan adalah lambang keluwesan, kelembutan, keindahan dan kesopanan.

peringatan hari kartini yang kita laksanakan pada tahun 2019 ini, saya harap peringatan ini dapat kita jadikan sebagai momentum yang dapat memberikan motivasi kepada kita semua, terutama para kader organisasi wanita yang ada di kabupaten indragiri hilir, untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kaum perempuan di daerah ini serta melakukan upaya-upaya yang dapat mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

kita menyadari bahwa perjuangan dan cita-cita raden ajeng kartini belumlah sepenuhnya tercapai. oleh sebab itu, melalui kesempatan yang baik ini saya mengajak kepada kaum perempuan di indragiri hilir untuk bersama berupaya menggelorakan semangat kartini di hati sanubari setiap perempuan, sehingga cita-cita kartini dapat kita wujudkan.

Sementara itu Sambutan Bupati yang dibacakan Asisten 1 Setda Inhil Drs. Darussalam mengatakan, Atas nama pemerintah kabupaten indragiri hilir saya menyambut baik dan mengapresiasi atas digelarnya acara peringatan hari kartini ke-140 tahun 2019, yang terselenggara atas kerja sama dinas pengendalian penduduk keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DP2KBP3A) kabupaten indragiri hilir dengan gabungan organisasi wanita (GOW) kabupaten indragiri hilir.peringatan hari kartini yangjuga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti lomba tari kreasi baru dan lomba menyanyi solo ini mengangkat tema ”nyalakan pelita kebudayaan,terangkan cita-cita pendidikan”.

Dengan adanya peringatan hari kartini yang biasa digelar setiap tanggal 21 april ini, kita bisa mengenang seorang tokoh wanita penting yang telah memperjuangkan hak kaum wanitadi indonesia. Perjuangan kartini patut untuk dijadikan motivasi bagi kaum wanita untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya,serta berkiprah di berbagai bidang. Kartini adalah sosok wanita yang telah menginsipirasi kaum wanita di indonesia untuk terus bersinar terang dengan berkarya dan meraih cita-cita.

Usai sambutan Bupati dilanjutkan dengan penampilan parade Pakai Kartini oleh masing-masing utusan Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten Inhil.

Related posts

Leave a Comment