Peringatan Hari Kartini, Bupati Beri Apresiasi

INHIL – (BERITAINHIL.com), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia-Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Peringatan Hari Kartini ke-140 Tahun 2019, Minggu (21/4).

Berpusat di lokasi Car Free Day (CFD) mingguan, Jalan Swarna Bumi Tembilahan, kegiatan ini mengusung tema Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Menuju PAUD yang Berkualitas.

Diawali dengan pembukaan Parade Becak Hias yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bunda PAUD Inhil HJ Zulaikhah Wardan SSos ME dan disaksikan oleh Bupati Inhil Drs HM Wardan MP, 234 peserta parade tampil cantik dan gagah dengan balutan pakaian adat serta profesi.

Usai pelepasan parade becak hias, dilanjutkan dengan tari persembahan yang menampilkan sebanyak 53 peserta didik TK dan PAUD se-Inhil.

Bupati Inhil dalam sambutannya memberi apresiasi terhadap IGTKI-PGRI Inhil yang telah menggagas kegiatan ini. Menurutnya tidak semua kabupaten dapat melaksanakan helat akbar seperti ini.

“Mari kita berikan applause kepada (IGTKI) Inhil hari ini dapat melaksanakan kegiatan peringatan Hari Kartini,” tuturnya seraya diiringi tepuk tangan hadirin.

Peringatan Hari Kartini, imbuhnya, memang secara Nasional mungkin tidak ada surat edaran ataupun anjuran untuk melaksanakannya, tetapi IGTKI-PGRI Inhil mampu melaksanakan kegiatan ini dengan dukungan pihak-pihak terkait.

“Sebenarnya saya mengharapkan aktivitas yang banyak dari PGRI Kabupaten Indragiri Hilir yang hari ini tentunya bersama-sama dengan IGTKI dapat melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Kartini.

Saya mengharapkan melalui dinas terkait dalam hal ini nanti Dinas Pendidikan supaya kegiatan PGRI ditingkatkan, IGTKI-PGRI tentunya banyak kegiatan-kegiatan yang bisa kita lakukan terutama yang berkaitan dengan pendidikan. Hari ini pendidikan anak usia dini yang memang kegiatan ini memang yang gencar dan diarahkan oleh pemerintah dan kegiatan ini memang kegiatan yang menjadi prioritas dari pemerintah kita,” urai Pemimpin Negeri Seribu Parit ini.

Sementara itu, Bunda PAUD Inhil saat diwawancarai mengaku bangga dan bersyukur atas pelaksanaan kegiatan ini. Dirinya bahagia melihat senyum dan semangat para anak usia dini yang antusias dalam mengikuti acara ini.

Selain itu dirinya sangat berterimakasih kepada wali murid yang sudi berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

“Saya melihat semangat yang luar biasa baik dari IGTKI maupun orangtua, dan anak-anak usia dini. Dengan biaya dan tentunya pakaian-pakaian tadi dan pawai becak hias tadi adalah murni partisipasi dari orangtua murid. Ini menunjukkan bahwa mereka dalam memperingati Hari Kartini ini juga menyampaikan suatu keinginan untuk menampilkan putra-putrinya,” ujar Zulaikhah.

Wanita yang selalu tampil anggun bersahaja ini menilai bahwa kegiatan tersebut memiliki nilai positif untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan Kartini sejak usia dini.

“Kemudian juga untuk tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Tahun yang lalu hanya becak hias tetapi tidak ada penampilan-penampilan seperti ini. Seperti inilah yang kita inginkan, semangat itu kita gelorakan sejak usia dini dan atas jasa-jasa Kartini lah kita para perempuan hari ini mampu menunjukkan kualitasnya sejajar dengan kaum pria,” tandas Istri Orang Nomor Satu di Inhil ini.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kasatlantas Polres Inhil, Kepala Dinas Pendidikan Inhil, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil, Kepala TK dan PAUD beserta jajaran Majelis Guru, Orangtua/Wali murid, dan para tamu undangan.

 

 

 

Related posts

Leave a Comment