Bupati HM.Wardan Meresmikan Aplikasi SIMRS GOS 2

0
21
views

BERITAINHIL.com, Tembilahan – Usai membuka pelaksanaan operasi katarak, Bupati Inhil Drs HM Wardan MP didampingi Ketua K3S Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME beserta rombongan meresmikan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Generic Open Source 2 (SIMRS GOS 2) RSUD Puri Husada Tembilahan.

Peresmian aplikasi tersebut ditandai dengan pembukaan tirai dan penandatanganan prasasti.
Aplikasi ini merupakan Produk Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Penggunaan aplikasi SIMRS mengacu pada Peraturan Kemenkes RI, demi efektivitas dan efisiensi pelayanan rumah sakit.

Dalam presentasenya, Direktur RSUD Puri Husada, dr Saut Pakpahan mengungkapkan di Indonesia baru 4 RS yang sudah menggunakan SIMRS. Disebutkannya, SIMRS yang digunakan tidak harus produk Kemenkes.
“Saat ini rumah sakit wajib menggunakan SIMRS, boleh yang disiapkan oleh Kemenkes, atau dari yang swasta. Karena keterbatasan dari anggaran, sarana prasarana, kami coba sejak bulan September menggukanan SIMRS GOS 2 aplikasi dari Kemenkes. Sekarang sudah bisa terkoneksi aplikasi ini, kami akan menggunakan terus, walaupun memang belum bisa sempurna,” paparnya.

Dijelaskannya banyak manfaat yang diperoleh dalam penerapan aplikasi tersebut. Manfaat itu meliputi:
1. Waktu tunggu pasien bisa lebih cepat
2. Pelayanan medis bisa lebih cepat
3. Efisiensi penggunaan kertas
4. Laporan keuangan lebih akurat dan akuntantable
5. Pasien dapat mengetahui ada atau tidaknya dokter
6. Pasien dapat mengetahui tempat tidur rawat inap yang tersedia
7. Bekerjasama dengan BPJS
8. Bisa melakukan pendaftaran melalui whatsapp.
Pada kesempatan itu, ditayangkan pula video mekanisme pelayanan menggunakan SIMRS GOS 2.

Bupati menyambut baik dan mengapresiasi launching aplikasi ini. Dirinya menilai, ini merupakan salah satu upaya RSUD Puri Husada Tembilahan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Saya mengharapkan sekali kita mendeklarasikan ini jangan sampai ada kemunduran, sambil berjalan diperbaiki dan dimaksimalkan. Sekaligus disosialisasikan kepada masyarakat. Karena saya yakin banyak masyarakat yang belum tahu dan memahaminya,” ujar Bupati.

Dirinya mengaku bersyukur atas keberadaan aplikasi ini. Melalui aplikasi tersebut, menurutnya berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh masyarakat yang akan berobat.

“Yang jelas aplikasinya efektif dari segi waktu, juga penghematan dari segi ATKnya, demikian juga untuk mendapatkan informasi. Bahkan mendaftar bisa sistem online. Ini sudah baik sekali dalam rangka kita memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tinggal kita meningkatkan koordinasi juga konsolidasi,” kata Bupati menutup sambutannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here