Bupati HM.Wardan “Melalui Peringatan Gema Muharram Inhil sebagai Wilayah Pelopor Even Wisata Halal”

INHIL – BERITAINHIL.com,Lapangan Upacara Gajah Mada Tembilahan dipadati oleh masyarakat sejak ba’da Ashar. Hal tersebut dikarenakan istighotsah, tabligh akbar, dan buka puasa aysura bersama dalam rangka Puncak Peringatan Gema Muharram 1441 H Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (10/9/2019).

 

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Inhil Drs HM Wardan MP didampingi Istri Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Wakil Bupati Inhil H Syamsuddin Uti didampingi Istri, Sekda Inhil H Said Syarifuddin SE MP MSn, dan seluruh Kepala OPD serta Pejabat Eselon di Lingkungan Pemkab Inhil.

Acara turut dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Penceramah Syekh Fikri Thoriq.

Kedatangan Bupati serta rombongan di lokasi diiringi dengan tabuhan rebana.

Bupati Inhil mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang turut menyukseskan kegiatan Event Wisata Religi ini. Dirinya juga mengucapkan Selamat datang kepada para tamu dari Provinsi.
Dijelaskannya bahwa Gema Muharram Kabupaten Inhil telah ditetapkan sebagai Event Wisata Religi Provinsi Riau, dan telah mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata RI dengan kategori Event Wisata Halal.

“Tiap daerah di Nusantara juga melaksanakan kegiatan dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam. Tapi hanya Indragiri Hilir yang melaksanakan secara terlembaga dan berkesinambungan,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Ditegaskannya hal tersebut merupakan bukti bahwa kabupaten Inhil dengan Event Wisata Gema Muharram yang telah dilaksanakan sejak tahun 2003 lalu tidak berlebihan jika dikatakan sebagai pelopor Event Wisata Halal di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau menyebut Inhil memiliki banyak warisan budaya tak benda, salah satunya ialah Gema Muharram yang telah dilaksanakan selama 16 tahun terakhir ini.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan sebanyak 75 paket sembako. Kegiatan ditutup dengan ceramah, buka puasa bersama, serta solat Magrib berjamaah.

Related posts

Leave a Comment